Penulis Utama : Andromeda Nova Hartavi
NIM / NIP : S841902003
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) sosiologi pengarang dalam membentuk novel Bumi Manusia dan Panggil Aku Kartini Saja; 2) citra perempuan Jawa pada novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer; 3) citra perempuan Jawa pada novel Panggil Aku Kartini Saja karya Pramoedya Ananta Toer; 4) kebermanfaatan citra perempuan Jawa pada novel-novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan hakikat pengajaran sastra di perguruan tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik uji validitas data yakni teknik triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis wacana kritis.
Hasil penelitian ini bahwa: (1) sosiologi pengarang dalam membentuk novel Bumi Manusia dan Panggil Aku Kartini Saja. Pramoedya Ananta Toer memiliki kehidupan dan pengetahuan yang mempengaruhi terwujudnya novel Bumi Manusia dan Panggil Aku Kartini Saja. (2) Citra perempuan Jawa pada novel Bumi Manusia khususnya pada tokoh Nyai Ontosoroh antara lain senantiasa setia kepada lelaki, mempunyai rasa kasih untuk mencintai sesama, terampil dalam pekerjaan perempuan, pandai berias dan merawat diri, berkepribadian sederhana, pandai dalam melayani keinginan dan kehendak laki-laki, penuh perhatian, memiliki kegemaran dalam membaca nasihat, memiliki keberanian. (3) Citra perempuan Jawa pada novel Panggil Aku Kartini Saja khususnya tokoh Kartini yakni antara lain mempunyai rasa kasih untuk mencintai sesama, terampil dalam pekerjaan perempuan, berkepribadian sederhana, penuh perhatian, memiliki kegemaran dalam membaca nasihat, memiliki keberanian. (4) Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa citra perempuan Jawa dalam novel Bumi Manusia dan Panggil Aku Kartini Saja dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam pengajaran sastra di Perguruan Tinggi.

Kata Kunci: Citra Perempuan Jawa, Novel, Pramoedya Ananta Toer, Hakikat Pengajaran Sastra

 

×
Penulis Utama : Andromeda Nova Hartavi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841902003
Tahun : 2021
Judul : Citra Perempuan Jawa pada Novel-Novel Karya Pramoedya Ananta Toer dan Pemanfaatannya dalam Hakikat Pengajaran Sastra di Perguruan Tinggi (Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S841902003
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.
2. Dr. Nugraheni Eko W, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.