Penulis Utama : Riska Nur Azizah
NIM / NIP : K5419071
×

Riska Nur Azizah, Pembimbing I: Prof. Dr. Chatarina Muryani M.Si., Pembimbing II: Lintang Ronggowulan S.Pd., M.Pd., PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PRODUK ECOCAPSITBAG SEBAGAI FASILITAS PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK BERKELANJUTAN DALAM MENGATASI BENCANA POLUSI MIKROPLASTIK. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Mei 2023.

 

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas produk Ecocpasitbag sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai, (2) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap green perceived value produk Ecocpasitbag yang ditinjau secara ekologis: pengurangan sampah plastik berkelanjutan dalam mengatasi bencana mikroplastik.

Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang berlokasi di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket sebagai data primer. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, yaitu dengan kriteria masyarakat pengguna produk Ecocapsitbag. Teknik analisis data yang digunakan antara lain yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Karakteristik responden penelitian dilihat dari jenis kelamin, umur, dan persebaran penggunaan produk Ecocapsitbag. Dari 20 responden terdapat 55?rjenis kelamin laki-laki dan 45% perempuan dengan total responden memiliki karakteristik umur masa remaja akhir dan masa dewasa awal atau mulai dari usia 17 – 35 tahun. Responden tersebar di empat kecamatan yaitu Kecamatan Jebres, Banjarsar, Laweyan, dan Pasarkliwon. (2) Persepsi masyarakat terhadap kualitas produk Ecocapsitbag sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai diukur dengan 8 indikator yang menghasilkan bahwa terdapat 7 dari 8 indikator menghasilkan persepsi sangat setuju dengan persentase sebesar 87% dan 1 dari 8 indikator menghasilkan persepsi setuju dengan persentase sebesar 13%. (3) Persepsi masyarakat terhadap green perceived value produk Ecocapsitbag ditinjau dari ekologi: pengurangan sampah plastik dalam mengatasi bencana polusi mikroplastik diukur berdasarkan 5 indikator menurut (Chen & Chang, 2012) menghasilkan persepsi terdapat 3 dari 5 indikator menghasilkan persepsi setuju dengan persentase 60% dan terdapat 2 dari 5 indikator menghasilkan persepsi sangat setuju dengan persentase 40%.

Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan yaitu: (1) Persepsi masyarakat terhadap kualitas produk Ecocapsitbag sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai yaitu sangat setuju. (2) Persepsi masyarakat terhadap green perceived value ditinjau dari ekologi: pengurangan sampah plastik dalam mengatasi bencana polusi mikroplastik pada produk Ecicpasitbag yaitu setuju.

×
Penulis Utama : Riska Nur Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5419071
Tahun : 2023
Judul : PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PRODUK ECOCAPSITBAG SEBAGAI FASILITAS PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK BERKELANJUTAN DALAM MENGATASI BENCANA POLUSI MIKROPLASTIK
Edisi :
Imprint : Kota Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Ecocapsitbag, mikroplastik, persepsi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i1.296
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
2. Lintang Ronggowulan S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Dr. Pipit Wijayanti, S.Si., M.Sc
2. Dr. Rita Noviani, S.Si., M.Sc
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.