Penulis Utama : Muhammad Jibran Zuliansyah
NIM / NIP : B0219036
×

Muhammad Jibran Zuliansyah. B0219036. 2023. Pandangan Dunia Pengarang terhadap Islam dalam Kumpulan Cerpen “Bukan Perawan Maria” (2017) Karya Feby Indirani: Kajian Strukturalisme Genetik. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret.

Latar belakang utama yang menjadi dasar dari penelitian ini adalah permasalahan tentang pandangan dunia pengarang terhadap Islam. Penelitian ini mengkaji kumpulan cerpen Bukan Perawan Maria (2017) karya Feby Indirani yang gagasan utamanya adalah tentang praktik kehidupan beragama dalam struktur sosial majemuk.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana struktur kumpulan cerpen Bukan Perawan Maria (2017) karya Feby Indirani? (2) bagaimana genetika sosial Feby Indirani sebagai anggota dari kelompok sosial? (3) bagaimana homologi antara struktur sosial Feby Indirani dengan struktur kumpulan cerpen Bukan Perawan Maria (2017)? (4) bagaimana pandangan dunia pengarang terhadap Islam yang dihadirkan dalam kumpulan cerpen Bukan Perawan Maria (2017) karya Feby Indirani?

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Objek material yang digunakan dalam penelitian ini adalah cerpen “Baby Ingin Masuk Islam”, “Tragedi Jumat Siang”, “Tanda Bekas Sujud (1)”, “Tanda Bekas Sujud (2)”, “Ruang Tunggu”, dan “Bukan Perawan Maria” yang diambil dari kumpulan cerpen Bukan Perawan Maria (2017) karya Feby Indirani. Objek formal dalam penelitian ini adalah pandangan dunia pengarang terhadap Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah denan teknik pustaka, baca, dan catat. Data yang telah terkumpul kemudian dikaji dengan menggunakan teori strukturalisme genetik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur kumpulan cerpen Bukan Perawan Maria (2017) menghadirkan tema-tema sosial yang mengarah pada gagasan Islam moderat. Hal itu menunjukkan bahwa gagasan yang dihadirkan pengarang dengan pandangan Islam moderat memiliki tujuan sebagai oposisi atas fenomena yang terjadi di sekitar pengarang. Sementara itu, genetika sosial Feby Indirani adalah wakil dari kelompok sosial Islam moderat yang berada pada struktur sosial yang plural dan majemuk. Struktur teks Bukan Perawan Maria (2017) dengan struktur sosial Feby Indirani menunjukkan hubungan yang homolog. Hal itu ditunjukkan dengan relevansi yang searah antara gagasan yang dibawa dalam Bukan Perawan Maria (2017) dengan struktur sosial Feby Indirani. Pandangan dunia pengarang yang diperoleh adalah pandangan dunia terhadap Islam yang moderat. Islam yang inklusif dan harmonis terhadap struktur sosial yang majemuk. Islam yang menjunjung tinggi sikap toleransi dan menghargai perbedaan.

×
Penulis Utama : Muhammad Jibran Zuliansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0219036
Tahun : 2023
Judul : PANDANGAN DUNIA PENGARANG TERHADAP ISLAM DALAM KUMPULAN CERPEN BUKAN PERAWAN MARIA (2017) KARYA FEBY INDIRANI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pandangan Dunia; Islam; Strukturalisme Genetik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwi Susanto, S.S, M. Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.