Penulis Utama : Ardhia Maharini
NIM / NIP : V0720009
×

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta merupakan organisasi pemerintah daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan di bidang penanaman modal dan penyelenggaraan perizinan berusaha. Perizinan berusaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu terbagi menjadi tiga yaitu perizinan OSS, perizinan non OSS dan non perizinan. Guna untuk menunjang seluruh kegiatan agar berjalan dengan lancar dibutuhkan sistem informasi. Pengamatan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui serta menjelaskan Sistem Informasi Perizinan Reklame Melalui SIPOLAR di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta.

Penulisan Tugas Akhir yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan metode pengamatan observasi berperan guna untuk memperoleh data dan informasi mengenai perizinan reklame melalui SIPOLAR. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis untuk memperoleh data yaitu wawancara, observasi secara langsung serta mengkaji dokumen dan arsip. Proses yang dilakukan dalam pengamatan adalah dengan mengamati dan berpartisipasi dalam proses permohonan perizinan reklame melalui SIPOLAR di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta.

Hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh penulis menjelaskan bahwa Sistem Informasi Perizinan Reklame Melalui SIPOLAR di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta digunakan sebagai upaya inovasi dan perkembangan guna mendukung e-government terkait dengan perizinan reklame. Penerapan dari sistem informasi perizinan reklame melalui SIPOLAR yaitu dimulai dengan pemohon yang akan melakukan izin reklame mengakses sistem SIPOLAR hingga mendapatkan Surat Keterangan Pengelolaan Izin Reklame. Sistem Informasi Perizinan Reklame Melalui SIPOLAR terdiri dari komponen-komponen yang menunjang keberlangsungan sistem diantaranya yaitu Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Perangkat Keras, Sumber Daya Perangkat Lunak, Sumber Daya Data dan Sumber Daya Jaringan. Dalam pelaksanaan Sistem Informasi Perizinan Reklame Melalui SIPOLAR di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta terdapat beberapa kendala yaitu kurangnya sumber daya manusia dan ketelitiannya, masyarakat masih awam dalam penggunaan SIPOLAR dan SIPOLAR terkadang mengalami gangguan.

×
Penulis Utama : Ardhia Maharini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0720009
Tahun : 2023
Judul : Sistem Informasi Perizinan Reklame Melalui SIPOLAR di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci; Sistem Informasi, Perizinan, Reklame, SIPOLAR
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hanum Kartikasari, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Tiyas Nur Haryani, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.