Penulis Utama : Linda Saviera Rahmawati
NIM / NIP : K4219042
×

Linda Saviera Rahmawati. K4219042. Pembimbing I Dr. Budhi Setiawan, M.Pd., Pembimbing II Rahmat, S.S., M.A. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends dalam Materi Teks Pawarta Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanggede. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 5 Juli 2023.

Dalam pelajaran bahasa siswa dituntut terampil berbicara. Namun masih banyak siswa yang kurang memiliki ketarampilan berbicara bahasa Jawa. Guru memilih model pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Model pembelajaran yang digunakan yaitu kooperatif tipe Time Token Arends. Penelitian betujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Time Token Arends.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme untuk meneliti keadaan objek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dhokumen. Analisis data menggunakan teknik triangulasi.

Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Karanggede, bahwa langkah-langkah Pembelajaran Time Token Arens meliputi: guru membentuk kelompok beranggota 4 siswa,  membagi kupon berbicara kepada seluruh peserta didik dan teks pawarta pada setiap kelompok, guru memberikan kesempatan pada kelompok untuk berdiskusi, guru mempersilakan perwakilan kelompok untuk  berbicara secara bergantian, guru mempersilakan peserta didik yang lain untuk menanggapi, guru memberikan kesempatan satu kali bagi tiap peserta didik untuk berbicara. Hambatannya guru kesulitan membagi waktu, solusinya dibagi menjadi dua pertemuan. Guru harus menyiapkan media pembelajaran yang banyak memakan waktu dan tenaga, solusinya melibatkan siswa dalam mencari teks pawarta.  Siswa merasa dibatasi waktu untuk menyampaikan tanggapan, solusinya dengan penambahan waktu, yang baerasal dari daerah lain, solusinya dengan pelatihan individual.

×
Penulis Utama : Linda Saviera Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4219042
Tahun : 2023
Judul : IMPLEMENTASI MODHEL PASINAON KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS SAJRONING MATERI TEKS PAWARTASTUDI KASUS ING SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGGEDE
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Time Token Arends, Teks Pawarta
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
2. Rahmat, S.S., M.A
Penguji : 1. Dr. Budi Waluyo, S.S., M.Pd
2. Prima Veronika, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.