Penulis Utama : Muhammad Muzaqqi
NIM / NIP : K1218044
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menjelaskan (1) pengintegrasian kecerdasan majemuk dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Tawangsari Kabupaten. Sukoharjo, (2) kendala pengintegrasian kecerdasan majemuk dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dan (3) solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala pengintegrasian kecerdasan majemuk dalam pembelajaran bahasa Indonesia. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan objek secara komprehensif dan rinci. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Uji validitas penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini bersifat analisis interaktif yang terdiri dati tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 
Hasilnya adalah (1) penerapan pengintegrasian kecerdasan majemuk dalam pembelajaran bahasa Indonesia berjalan dengan baik, yaitu guru mengintegrasikan berbagai metode dengan jenis-jenis kecerdasan majemuk siswa di dalam pembelajaran. Pembelajaran tersebut terdiri dari tiga tahapan, mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi, (2) kendala dalam pengintegrasian kecerdasan majemuk dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah guru kesulitan untuk memfasilitasi semua kecerdasan siswa, guru kurang kreatif dalam menunjang proses pembelajaran karena pembelajaran yang berjalan menyenangkan akan berdampak pada kualitas pemahaman siswa, dan banyaknya siswa dalam kelas sehingga guru kesulitan untuk memberikan perhatian kepada seluruh siswa secara mendalam, (3) solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pengintegrasian kecerdasan majemuk dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah guru mengembangkan kemampuan yang dimiliki dengan membentuk FGD maupun mengikuti pelatihan kompetensi guru, guru lebih kreatif untuk mengelola kelas menjadi lebih menyenangkan, mampu membuat dan memelihara interaksi, komunikasi, dan hubungan yang baik dengan siswa, guru dapat berperan sebagai fasilitator, dan guru dapat memberikan perhatian yang berfokus pada pendampingan keunikan masing-masing siswa.

×
Penulis Utama : Muhammad Muzaqqi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218044
Tahun : 2023
Judul : Implementasi Pengintegrasian Kecerdasan Majemuk dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pengintegrasian; kecerdasan majemuk; bahasa Indonesia.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Dr, Muhammad Rohmadi, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.