Penulis Utama : Efri Miftahul Ridwan
NIM / NIP : K1319026
×

Efri Miftahul Ridwan. K1319026. Pembimbing I: Dr. Farida Nurhasanah, M.Pd. Pembimbing II: Henny Ekana Chrisnawati, S.Si, M.Pd. EKSPERIMENTASI PEMANFAATAN MEDIA MARICA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA MATERI DATA DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT SISWA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui manakah media pembelajaran yang menghasilkan kemampuan literasi matematis lebih baik antara pembelajaran matematika yang menggunakan media MARICA atau yang menggunakan media PPT pada materi data; (2) mengetahui manakah tingkatan IQ (tinggi, sedang, dan rendah) yang menghasilkan kemampuan literasi matematis lebih baik pada materi data; (3) mengetahui pada masing-masing pembelajaran dengan media, tingkatan IQ mana yang memberikan kemampuan literasi matematis lebih baik, siswa dengan tingkatan IQ tinggi, sedang, atau rendah; (4) mengetahui pada masing-masing tingkatan IQ, dengan media mana yang memberikan kemampuan literasi matematis lebih baik, pembelajaran dengan menggunakan media MARICA atau dengan media PPT. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimentasi semu dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas I MI Negeri 3 Boyolali. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah kelas I B dan I A dengan jumlah 23 siswa untuk kelas I B dan 25 siswa untuk kelas I A. Sampel tersebut dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data pada penelitian ini diperoleh dari metode tes kemampuan literasi matematis dan tes IQ. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, serta dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe’ dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran matematika menggunakan media MARICA menghasilkan kemampuan literasi matematis yang lebih baik daripada pembelajaran matematika yang menggunakan media PPT pada materi data; (2) pada tingkatan IQ yaitu tinggi, sedang, dan rendah diperoleh bahwa siswa dengan tingkat IQ tinggi memberikan kemampuan literasi matematis yang lebih baik dibanding siswa dengan tingkat IQ sedang dan IQ rendah. Adapun siswa dengan tingkat IQ sedang dan IQ rendah memberikan kemampuan literasi matematis yang sama baiknya pada materi data; (3) pada masing-masing pembelajaran, siswa dengan tingkat IQ tinggi memiliki kemampuan literasi matematis yang lebih baik daripada siswa dengan tingkat IQ sedang dan IQ rendah. Siswa dengan tingkat IQ sedang memiliki kemampuan literasi matematis yang sama baiknya dengan siswa tingkat IQ rendah; (4) pada masing-masing tingkatan IQ, siswa dengan media pembelajaran MARICA menghasilkan kemampuan literasi matematis yang lebih baik daripada siswa dengan media pembelajaran PPT.

×
Penulis Utama : Efri Miftahul Ridwan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1319026
Tahun : 2023
Judul : EKSPERIMENTASI PEMANFAATAN MEDIA MARICA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA MATERI DATA DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT SISWA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : media pembelajaran, MARICA, Power Point, literasi matematis, Intelligence Quotient
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Farida Nurhasanah, M.Pd.
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si, M.Pd.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd, M.Pd.
2. Ira Kurniawati, S.Si, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.