Penulis Utama : Setiawati
NIM / NIP : K5416057
×

Setiawati. K5416057. Pembimbing I: Setya Nugraha, S.Si., M.Si. Pembimbing II: Rahning Utomowati, S.Si., M.Sc. ANALISIS TUTUPAN LAHAN DAN  JASA EKOSISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI TAHUN 2023 (Sebagai Media Pendukung pada Pembelajaran Geografi Kelas XII SMA Materi Pokok Perencanaan Tata Ruang Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota). Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis tutupan lahan di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun 2023, (2) menganalisis jasa ekosistem penyediaan air bersih di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini yaitu data tutupan lahan yang bersumber dari interpretasi Citra Ikonos dan cek lapangan, kemiringan lereng, jenis batuan, ekoregion, wilayah terdampak kekeringan dan banjir di Kabupaten Pati, dan jumlah penduduk Kecamatan Dukuhseti. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data yaitu interpretasi citra, observasi dan studi dokumentasi. Teknik uji validitas dengan uji ketelitian interpretasi Citra Ikonos. Teknik analisis tutupan lahan menggunakan kunci interpretasi citra dan teknik analisis jasa ekosistem penyediaan air bersih menggunakan penilaian expert judgement, pembobotan, klasifikasi dan visualiasi jasa ekosistem dalam bentuk peta. Hasil penelitian yaitu tutupan lahan di Kecamatan Dukuhseti ada sepuluh yaitu bangunan permukiman desa, pekarangan, tambak ikan/udang, hutan mangrove sekunder, sawah, hutan jati, perkebunan karet, tegalan singkong, perkebunan tebu, dan lahan terbuka. Tutupan lahan yang mempunyai luasan terbesar yaitu tegalan singkong dengan luas 2.485,3 ha atau 27,04?ri luas Kecamatan Dukuhseti. Hasil yang kedua yaitu jasa ekosistem penyediaan di Kecamatan Dukuhseti termasuk dalam 3 kelas yaitu kelas rendah, kelas sedang dan kelas tinggi. Kelas jasa ekosistem penyediaan air bersih yang mempunyai luasan terbesar yaitu kelas tinggi dengan luas 5.117,07 ha atau 55,72?ri luas Kecamatan Dukuhseti. Hampir seluruh desa di Kecamatan Dukuhseti termasuk dalam kelas tinggi kecuali Desa Banyutowo.

Kata kunci : tutupan lahan, ekoregion, dan jasa ekosistem penyediaan air bersih

×
Penulis Utama : Setiawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5416057
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS TUTUPAN LAHAN DAN JASA EKOSISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI TAHUN 2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : tutupan lahan, ekoregion, dan jasa ekosistem penyediaan air bersih
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Setya Nugraha, S.Si., M.Si
2. Rahning Utomowati, S.Si., M.Sc
Penguji : 1. Dr. Ahmad, M.Si
2. Gentur Adi Tjahjono, S.Si., M.Pd
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.