Penulis Utama : Tri Nurohmatul Hidayah
NIM / NIP : K7119259
×

Tri Nurrohmatul Hidayah. K7119259. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI SITIBENTAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran PBL dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V di SD Negeri Sitibentar Tahun Ajaran 2022/2023, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang melalui penerapan pembelajaran model PBL dengan media konkret pada siswa kelas V di SD Negeri Sitibentar Tahun Ajaran 2022/2023, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model PBL dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran matematika materi bangun ruang Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model PBL dengan media konkret dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) orientasi masalah dengan media konkret, (b) pengorganisasian belajar, (c) penyelidikan individu maupun kelompok dengan media konkret, (d) penyajian hasil kerja atau diskusi, (e) analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah dengan media konkret, (2) penerapan model PBL dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V. Persentase rata-rata nilai siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 72,6% dan pertemuan 2 sebesar 75,5%. Pada siklus II pertemuan 1 yaitu sebesar 77,4 Dan pada pertemuan 2 sebesar 80,5% Pada siklus III yaitu sebesar 89,75%, (3) kendala dan solusi penerapan model PBL dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V yaitu masih ada siswa yang belum memanfaatkan media konkret, solusi yang dilakukan adalah pengenalan dengan lebih maksimal tentang penggunaan media konkret. Kendala selanjutnya terkait siswa kurang aktif seperti pada kegiatan tanya jawab dan mengungkapkan pendapat, solusi yang dilakukan adalah guru merangsang siswa agar lebih aktif. Kendala selanjutnya yaitu masih ada siswa yang tidak ikut kontribusi diskusi kelompok, solusi yang dilakukan yaitu guru memberikan arahan, teguran dan mengingatkan siswa untuk ikut berdiskusi. Kendala berikutnya yaitu masih terdapat siswa yang mengobrol, solusinya adalah guru memberikan teguran dan mengingatkan siswa. Kendala yang terakhir yaitu masih ada siswa yang mencontek, solusi yang dilakukan yaitu guru memberikan teguran dan mengingatkan siswa. 

×
Penulis Utama : Tri Nurohmatul Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119259
Tahun : 2023
Judul : PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SITIBENTAR TAHUN AARAN 2022/2023
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Problem Based Learning, Media Konkret, Matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh Salimi, M.Pd.
2. Drs. Wahyudi, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.