Penulis Utama : Christina Yuliyantiningrum
NIM / NIP : K8116015
×

Christina Yuliyantiningrum. K8116015. Pembimbing I: Ruli Hafidah, S,Pd., M.Hum.. pembimbing II: Muhammad Munif Syamsuddin, S.Pd.I., M.A. PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SIDOWAYAH TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2023.

Pembelajaran matematika memiliki banyak cakupan yang perlu diterapkan dalam penerapan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai penerapan pembelajaran matematika yang ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidowayah Tahun Ajaran 2022/ 2023 untuk dijadikan sebagai gambaran dasar dalam penyusunan, pelaksanaan, dan perbaikan pembelajaran matematika yang tepat dan sesuai untuk anak kelompok B (5-6 tahun).

Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kualitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 4 guru kelas B dan kepala sekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidowayah. Teknik pengambila subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data yang diterapkan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data. Teknik analisis data penelitian ini menggukan model analisis data model interaktif Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidowayah memiliki berbagai komponen yang diperhatikan oleh guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan  penialain pembelajaran anak yang dipantau setiap minggu oleh guru dan kepala sekolah melalui hasil laporan minguan. Guru juga memperhatikan terkait cakupan dalam pembelajaran matematika yang berkaitan dengan materi pembelajaran, media, dan metode yang langsung memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah. Peran guru dan sekolah sangatlah penting dalam mengkomunikasikan kebutuhan anak dengan tuntutan dari orang tua. Sehingga penerpan pembelajaran yang diberikan kepada anak dapat memaksimalkan potensi dan kemampuan matematika anak tanpa adanya paksaan dan tekanan terhadap capaian yang harus anak capai.

×
Penulis Utama : Christina Yuliyantiningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8116015
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Pembelajaran Matematika pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidowayah Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Penerapan pembelajaran matematika, cakupan pembelajaran matematika.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd., M. Hum.
2. Muhammad Munif Syamsuddin, S.Pd.i., M.A.
Penguji : 1. Dr. Anayanti Rahmawati, S.Psi., Psi., M.A.
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.