Penulis Utama : Tiara Anindita
NIM / NIP : F0219135
×

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan inovasi program yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang ditujukan untuk dapat mendorong mahasiswa agar lebih aktif dalam mengasah kemampuan yang mereka miliki sesuai dengan bakat dan minat mereka. Salah satu program yang ada pada MBKM ini adalah Proyek di Desa yang mana mahasiswa diwajibkan bertugas untuk mengabdi di desa proyek selama 1 semester atau sekitar 6 bulan. Proyek di Desa ini dilaksanakan di Desa Joho, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.
Desa Joho merupakan sebuah desa dengan masyarakatnya yang rata-rata memiliki mata pencaharian sebagai seorang petani dan memiliki usaha dengan skala kecil. Dalam melaksanakan proyek MBKM di Desa Joho, terdapat salah satu kegiatan yaitu melakukan observasi dan wawancara terhadap beberapa masyarakat desa yang memiliki usaha pribadi salah satunya adalah UMKM Usus Krispi milik bu Yuni. Di era yang tengah berkembang pesat saat ini, masyarakat di Desa Joho dapat dikatakan memiliki sedikit ketertinggalan zaman di era perkembangan dan penggunaan teknologi digital pada saat ini, salah satunya adalah UMKM Usus Krispi milik bu Yuni.
Setelah mengetahui hal tersebut, kelompok MBKM menawarkan program kerja yaitu sosialisasi yang disertai dengan praktik pembuatan dan penggunaan media sosial serta memberikan ide dan contoh konten yang dapat digunakan selama melakukan promosi. Program ini juga memperkenalkan beberapa media sosial dan e-commerce yang dapat mereka gunakan sebagai alat untuk menunjang bisnis yang mereka miliki saat ini.
Program kerja pembuatan sosial media serta melakukan praktik dalam penggunaan sosial media ini dilaksanakan dengan pembuatan akun instagran, akun shopee, serta melakukan desain kemasan ulang milik UMKM. Dengan dijalankannya program ini, maka diharapkan kepada UMKM agar dapat menambah perluasan cakupan pemasaran mereka, serta meningkatkan pendapatan dari hasil produk yang mereka jual. Di akhir keberjalanan program ini, UMKM telah memiliki akun instagram yang digunakan sebagai alat untuk mendongkrak branding UMKM beserta akun shopee untuk melakukan transaksi penjualan secara online, selain itu juga terdapat bentuk packaging baru yang dapat digunakan untuk menimbulkan minat beli pelanggan.

×
Penulis Utama : Tiara Anindita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0219135
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Melalui Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Usus Krispi Mbak Yuni
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2023
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : MBKM Proyek di Desa, Desa Joho, Digital Marketing, Sosial Media, Praktik Digital Marketing
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yohana Tamara, S.E., M.M
Penguji : 1. Drs. Djoko Purwanto M.BA
2. Heru Agustanto, S.E., M.S.M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.