Penulis Utama : Utami Dyah Sulistyaningrum
NIM / NIP : S252008016
×

Modernisasi dalam dunia pendidikan erat kaitannya dengan perubahan social khususnya dalam proses pembelajaran. Perubahan yang terjadi begitu siknifikan, dimana proses pembelajaran yang tadinya menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran menjadi tidak interaktif dan monoton. Di era digital ini, Modernisasi terjadi begitu cepat khususnya pada infrastruktur yang ada di dunia pendidikan. Dengan adanya modernisasi yang terjadi didalam pendidikan, infrastruktur sekolah menjadi lebih modern dan sangat memudahkan peserta didik mengakses berbagai pengetahuan.

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dampak modernisasi  infrastruktur terhadap proses pembelajaran di pondok pesantren khususnya di SMP Baitul Qur’an Sragen. Jenis penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif, strategi penelitian ini menggunakan studi Deskripsi Analisis. Penelitian ini akan menggunakan trianggulasi sumber dimana peneliti mendapatkan data dari berbagai sumber yang berkaitan dengan penelitian. Sumber utama dalam penelitian ini adalah siswa yang dipilih berdasarkan kriteria yaitu siswa yang telah hafal 30 Juz dan siswa yang belum hafal, selain itu juga dari guru, serta pengurus Pondok Pesantren Baitul Qur’an.

Hasil Penelitian menunjukan modernisasi terhadap infrastruktur di pesantren tergambarkan jelas dalam program yang diterapkan oleh pihak Pondok Pesantren. Hal ini dapat dilihat dari infrastruktur yang ada, baik di pondok pesantren Baitul Qur’an atau juga di sekolah formal yang ada didalamnya. Ini juga diperkuat oleh adanya kemajuan infrastruktur yang terfokus pada fasilitas  , seperti penggunaan alat-alat peraga di laboratorium IPA, Bahasa, ataupun Komputer. Selain itu fasilitas seperti finger untuk absen guru yang mana memberikan dampak positif bagi guru dan siswa yang sebelumnya pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga interaksi antara guru dan siswa sangat terbatas dikelas. Terjadinya modernisasi dalam pembelajaran, anatara lain terpenuhinya infrastruktur baik dari fasilitas, media pembelajaran sangat berpengaruh dalam proses pendidikan sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan metode yang manarik, efisien dan tepat waktu. Dengan demikian modernisasi Pendidikan memberikan dampak positif terhadap pondok pesantren Baitul Qur’an yang ditunjukan oleh pengadaan infrastruktur. Namun dalam hal ini pihak pengurus dan guru pondok pesantren Baitul Qur’an lebih ekstra dalam pengawasan terhadap siswa terkait pemanfaat teknologi yang lebih canggih.

Katakunci: Modernisasi, Pendidikan,Infrastruktur, Pondok Pesantren

 

ABSTRACT

Modernization of education in the world of education is closely related to the social changes that occur in education. The changes that occurred were so significant, where the learning process used to use the lecture method so that learning became not interactive and monotonous. In this digital era, modernization is happening so fast, especially in the existing infrastructure in the world of education. With the modernization that is happening in education, school infrastructure is becoming more modern and makes it easier for students to access various knowledge

The purpose of this study is to analyze the impact of educational modernization at the Baitul Qur'an Boarding School Islamic Boarding School. Types of research used with a descriptive approach with qualitative methods, this research strategy uses phenomenological studies, namely a phenomenon into a research point. This study will use triangulation of sources where researchers get data from various sources related to research. The main sources in this study are students, teachers, and administrators of the Baitul Qur'an Boarding School Boarding School Boarding School.

The results showed that the modernization of education in pesantren was clearly described in the program implemented by the boarding school. This can be seen from the use of infrastructure used, both in the Baitul Qur'an Islamic Boarding School or also in the formal schools in it. This is also reinforced by the progress of infrastructure focused on facilities, such as the use of props in the Natural Sciences, Language, or Computer laboratories. In addition, facilities such as finger for absent and ATM machines. Thus the modernization of education has a positive impact on the Baitul Qur'an Islamic Boarding School which is shown by facilities and infrastructure. But in this case the management and teacher of the Baitul Qur'an Islamic Boarding School is more extra in the supervision of students related to more sophisticated technology utilization.

Keywords: Modernization, Education, infrastructure, Islamic Boarding School.

×
Penulis Utama : Utami Dyah Sulistyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S252008016
Tahun : 2023
Judul : DAMPAK MODERNISASI INFRASTRUKTUR TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN BAITUL QUR’AN SRAGEN DI ERA DIGITAL
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2023
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Sosiologi - S252008016 - 2023
Kata Kunci : Katakunci: Modernisasi, Pendidikan,Infrastruktur, Pondok Pesantren
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ijessr.com/uploads2023/ijessr_06_760.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad Zuber, S.Sos, DEA
Penguji : 1. Dr. Drs. Bagus Haryono, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.