Penulis Utama : Mokh. Toni Akhiyat
NIM / NIP : S802108010
×

Program Studi D3 ??Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Surabaya memiliki dua kelas di dua kota berbeda yaitu Gresik dan Lamongan. Penjadwalan ujian tugas akhir di program studi harus dijadwalkan secara bersamaan untuk meminimalkan perjalanan pulang pergi penguji. Saat ini, proses penjadwalan dilakukan secara manual tanpa metode atau pendekatan sistematik tertentu. Dalam tesis ini, model optimisasi dikembangkan untuk memecahkan masalah penjadwalan. Beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam model tersebut, yaitu jumlah penguji, ketersediaan ruang ujian, dan kampus asal masing-masing penguji. Model ini menggunakan pendekatan pemrograman bilangan bulat dengan fungsi tujuan memaksimalkan total penugasan penguji dalam slot waktu. Model tersebut dapat memecahkan masalah penjadwalan lebih efisien daripada penjadwalan manual.

Pencarian solusi optimal dengan model yang telah dikembangkan menghasilkan jadwal sidang tugas akhir periode Juni 2022 pada program lingo 18.0 diperoleh setelah 3996 iterasi dengan runtime selama 16 detik dan nilai objective nya sebesar 50. Dari hasil running tersebut tidak ada dosen yang dijadwalkan untuk lebih dari satu ujian pada timeslot yang sama, tidak ada sidang ujian tugas akhir yang dijadwalkan lebih dari satu timeslot, setiap dosen pembimbing dan dosen penguji dijadwalkan sesuai dengan mahasiswa atau ujiannya, tidak ada sidang ujian tugas akhir yang dijadwalkan bersamaan dengan penggunaan ruang ujian untuk perkuliahan, setiap timeslot tidak digunakan lebih dari dua sidang ujian tugas akhir sesuai dengan ketersediaan ruangan.

sistem pendukung keputusan dalam penelitian ini yang dipilih adalah menggunakan pendekatan heuristik algoritma genetika sebagai pendukung dari pendekatan non heuristik. Agar berfungsi dengan baik untuk membantu Penanggung Jawab Mata Kuliah Tugas Akhir dalam penjadwalan ujian tugas akhir dengan menggunakan PHP dan MySQL.

×
Penulis Utama : Mokh. Toni Akhiyat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S802108010
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Model Optimisasi dan Sistem Pendukung Keputusan pada Penjadwalan Ujian Tugas Akhir Prodi D3 Keperawatan Di Universitas Airlangga Surabaya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2023
Program Studi : S-2 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : penjadwalan, integer programming, ujian tugas akhir, penjadwalan, penugasan penguji, sistem pendukung keputusan
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Cucuk Nur Rosyidi., ST., M.T.
2. Dr. Eng. Ir. Pringgo Widyo Laksono, ST, M.Eng.
Penguji : 1. Prof. Dr. Ir. Eko Pujiyanto, S.Si., M.T., IPM.
2. Prof. Dr. Ir. Cucuk Nur Rosyidi., ST., M.T.
3. Dr. Eng. Ir. Pringgo Widyo Laksono, ST, M.Eng.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.