Penulis Utama : Zulfa Nur Kholishoh
NIM / NIP : R0219095
×

Zulfa Nur Kholishoh, R0219095, 2023. Hubungan Pengetahuan K3 dan Masa Kerja dengan Kejadian Kecelakaan Kerja di PT Arah Environmental Indonesia Sukoharjo, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : PT Arah Environmental Indonesia Sukoharjo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengolahan limbah B3 yang memiliki potensi bahaya yang tinggi. Potensi bahaya tinggi dapat mengakibatkan kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja dapat disebabkan pengetahuan K3 dan masa kerja. Berdasarkan hasil pengukuran dari total 10 pekerja masih ditemukan 5 pekerja (50%) dengan pengetahuan K3 yang kurang baik, ditemukan 9 pekerja (90%) dengan masa kerja baru (?5 tahun), dan ditemukan 6 pekerja (60%) mengalami kecelakaan kerja dengan frekuensi tinggi sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan K3 dan masa kerja dengan kejadian kecelakaan kerja.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan populasi sebanyak 104 pekerja. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 88 pekerja. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk pengetahuan K3 dan kejadian kecelakaan kerja serta identitas pekerja untuk masa kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif untuk univariat, uji korelasi somer’s d untuk bivariat, dan regresi logistik biner untuk multivariat.

Hasil : Hasil uji korelasi somer’s d menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan K3 dengan kejadian kecelakaan kerja (p = 0,000) dan nilai d = - 0,442 dengan arah korelasi negatif. Hasil uji korelasi somer’s d menunjukkan bahwa ada hubungan masa kerja dengan kejadian kecelakaan kerja (p = 0,000) dan nilai d = - 0,417 dengan arah korelasi negatif. Hasil uji regresi logistik biner menunjukkan variabel masa kerja paling berpengaruh terhadap kejadian kecelakaan kerja (p = 0,009) dan nilai OR (Exp{B}) sebesar 0,241. Hal ini menunjukkan bahwa masa kerja mempengaruhi 24,1 kali terhadap kejadian kecelakaan kerja.

Simpulan : Ada hubungan antara pengetahuan K3 dan masa kerja dengan kejadian kecelakaan kerja di PT Arah Environmental Indonesia Sukoharjo dengan masa kerja merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kejadian kecelakaan kerja.

Kata Kunci : Pengetahuan K3, Masa Kerja, Kejadian Kecelakaan Kerja

×
Penulis Utama : Zulfa Nur Kholishoh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0219095
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Pengetahuan K3 dan Masa Kerja dengan Kejadian Kecelakaan Kerja di PT Arah Environmental Indonesia Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengetahuan K3, Masa Kerja, Kejadian Kecelakaan Kerja
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hengky Ditya Eko N., S.ST., M.Si.
2. Dr. Isna Qadrijati, dr., M.Kes.
Penguji : 1. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.