Penulis Utama : Arifiah Muflikhati Putri
NIM / NIP : I0519020
×

Arifiah Muflikhati Putri, 2023, Prarancangan Pabrik Dikalsium Fosfat dari Kalsium Hidroksida dan Asam Fosfat Kapasitas 74.000 Ton/Tahun, Program Studi Sarjana Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Dikalsium fosfat merupakan bahan kimia yang digunakan dalam industri kedokteran tulang dan gigi, peternakan, makanan, serta bahan baku pembuatan turunan kalsium fosfat. Pendirian pabrik Dikalsium fosfat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dikalsium fosfat  di dalam negeri dan ekspor ke negara Malaysia dan Filipina. Pabrik ini dirancang dengan kapasitas 74.000 ton/tahun. Satu kg produk dikalsium fosfat  94% membutuhkan 0,43 kg kalsium hidroksida 95% dan 0,76 asam fosfat 75%, serta menghasilkan 2,73 kg limbah cair. Pabrik ini direncanakan beroperasi pada tahun 2025 di Kawasan Industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik.

Proses pembuatan dikalsium fosfat melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan bahan baku, tahap sintesis produk, dan tahap pemurnian produk. Tahap persiapan bahan baku bertujuan untuk menyiapkan kalsium hidroksida dan asam fosfat sebelum diumpankan ke reaktor. Kalsium hidroksida diumpankan ke reaktor menggunakan belt conveyor dan bucket elevator sedangkan asam fosfat diumpankan ke reaktor menggunakan pompa. Digunakan pula air proses untuk melarutkan kedua bahan baku. Pada tahap reaksi, kalsium hidroksida direaksikan dengan asam fosfat dalam reaktor alir tangki berpengaduk (RATB) yang beroperasi pada tekanan 1 atm dan temperatur 30?. Produk dikalsium fosfat dihidrat keluar reaktor dipisahkan dari cairannya dengan menggunakan rotary drum vacuum filter kemudian diumpankan ke rotary dryer melalui screw conveyor untuk dikeringkan dengan bantuan udara kering panas. Dihasilkan produk akhir padatan dikalsium fosfat dihidrat kering dengan kemurnian 94%.

Unit pendukung proses meliputi unit pengadaan air yang bersumber dari air sungai dengan kebutuhan sebesar 0,43 kg air/kg produk, unit pengadaan steam sebesar 0,63 kg/kg produk dengan suhu 190?, unit pengadaan udara tekan sebesar 0,001 m3/kg produk dengan tekanan 4 bar, unit pengadaan listrik sebesar 0,047 kWh/kg produk, serta unit pengadaan bahan bakar berupa Industrial Diesel Oil (IDO) 0,03 L/kg produk dan High Speed Diesel (HSD) 0,004 L/kg produk. Pabrik juga didukung dengan laboratorium untuk mengontrol mutu bahan baku, produk, dan air sesuai dengan spesifikasi yang diingikan.

Bentuk perusahaan adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi line and staff. Jumlah kebutuhan tenaga kerja sebanyak 149 orang yang terdiri atas karyawan shift dan non-shift.

Berdasarkan perhitungan ekonomi diperoleh ROROI sebesar 42,02%, PBP selama 2,38 tahun, DPBP selama 2,83 tahun, DCFROR sebesar 23,22%, BEP sebesar 41,24%, dan SDP 20,43%. Berdasarkan analisis ekonomis, maka pabrik dikalsium fosfat ini dinilai layak untuk didirikan.

×
Penulis Utama : Arifiah Muflikhati Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0519020
Tahun : 2023
Judul : Prarancangan Pabrik Dikalsium Fosfat dari Kalsium Hidroksida dan Asam Fosfat Kapasitas 74.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2023
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Prarancangan Pabrik; Dikalsium Fosfat
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anatta Wahyu Budiman, S.T., Ph.D.
2. Dr. Fadilah, S.T., M.T.
Penguji : 1. Dr. Ir. Margono, S.T., M.T.
2. Ir. Mujtahid Kaavessina, S.T., M.T., Ph.D., IPM.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.