Penulis Utama : Evi Azizah Nor Baiti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Manfaat rasio keuangan dalam memprediksi perubahan laba : kajian empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2000-2003
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201051-2005
Subyek : LABA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat perubahan rasio keuangan dalam memprediksi perubahan laba perusahaan manufaktur untuk satu tahun mendatang dan dua tahun mendatang yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah current ratio, total assets turnover, inventory turnover, debt to equity ratio, dan interest coverage ratio. Sehubungan dengan masalah tersebut, diajukan dua hipotesis. Hipotesis pertama adalah rasio keuangan mampu untuk memprediksi perubahan laba satu tahun mendatang. Sedangkan hipotesis kedua adalah rasio keuangan mampu untuk memprediksi perubahan laba dua tahun mendatang.

Data yang digunakan adalah data sekunder dengan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2000-2003. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu pemilihan sampel atas dasar kriteria yang sesuai dengan penelitian, sehingga diperoleh 35 perusahaan.

Sebelum dilakukan analisis, data diuji mengenai normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi.Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji F yang menguji pengaruh perubahan rasio keuangan terhadap perubahan laba baik secara parsial maupun bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5%. 

Berdasarkan hasil pengujian, penelitian ini terdistribusi normal dan terbebas dari asumsi klasik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda, diperoleh hasil bahwa perubahan current ratio dan total assets turnover mampu untuk memprediksi perubahan laba satu tahun mendatang. Sedangkan yang mampu untuk memprediksi  perubahan laba dua tahun mendatang adalah perubahan total assets turnover dan debt to equity ratio. Hasil nilai F menunjukkan bahwa lima rasio keuangan secara bersama-sama mampu untuk memprediksi perubahan laba baik untuk satu tahun mendatang dan dua tahun mendatang. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.     

Dari penelitian ini diketahui bahwa untuk prediksi laba satu tahun mendatang perubahan Current Ratio berpengaruh negatif terhadap perubahan laba. Sehingga penulis menyarankan kepada perusahaan agar tingkat perputaran persediaan diusahakan maksimum. Dan Total Assets Turnover berpengaruh positif terhadap perubahan laba. Sehingga penulis menyarankan agar perusahaan secara optimal memanfaatkan dan mengelola aktiva yang dimilikinya untuk meningkatkan penjualannya sehingga mendapatkan kesempatan meraih laba yang lebih besar. Untuk prediksi perubahan laba dua tahun mendatang perubahan Total Assets Turnover berpengaruh negatif terhadap perubahan laba. Sehingga penulis menyarankan perusahaan untuk mengawasi bagian produksinya agar bekerja secara efisien agar tidak terjadi pemborosan yang dapat menyebabkan harga pokok penjualan naik. Dan Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap perubahan laba. Sehingga penulis menyarankan perusahaan apabila akan melakukan penambahan modal asing perlu memperhatikan tingkat bunga pinjaman/biaya modal dan rate of return dari penambahan modal asing tersebut. Apabila rate of return dari tambahan modal tersebut lebih besar dari tingkat bunganya maka penambahan modal asing ini akan menguntungkan, namun sebaliknya apabila rate of return dari tambahan modal tersebut lebih kecil dari tingkat bunganya maka penambahan modal asing ini akan merugikan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunarjanto
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis