Penulis Utama : Aqila Afifah Octafriyana
NIM / NIP : V1620011
×

            Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini secara tidak langsung menuntut masyarakat untuk bisa menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya didapatkan pada kegiatan belajar mengajar di bangku sekolah saja, tetapi bisa didapatkan dari mana saja. Salah satunya dengan mengunjungi Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Solo Science Center merupakan pusat peraga iptek di Kota Surakarta yang bertujuan untuk memperkenalkan iptek secara interaktif dan mudah dipahami oleh masyarakat segala usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark dalam meningkatkan kualitas pelayanan Pusat Peraga Iptek Solo Science Center kepada pengunjung beserta kendala dan solusinya.

            Desain penelitian ini menggunakan menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian adalah peningkatan kualitas pelayanan Solo Science Center. Jenis dan sumber data yang dihasilkan terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas pelayanan Solo Science Center Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark dengan kendala yang ada dan hal yang dapat ditingkatkan, dipertahankan atau diperbaiki. Metode pembahasan yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang baik dari Pusat Peraga Iptek Solo Science Center, Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark harus memperhatikan lima dimensi pokok untuk mengevaluasi kualitas pelayanan, yaitu Reliabilitas (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty) dan Bukti Fisik (Tangibles). Lima dimensi ini didasarkan pada perbedaan antara nilai harapan dengan nilai kinerja yang dapat dirasakan oleh pengunjung.

            Dari penelitian ini, dapat disimpulkan Pusat Peraga Iptek Solo Science Center telah menerapkan strategi peningkatan kualitas pelayanan dengan baik. Meskipun terdapat aspek yang perlu ditingkatkan dalam segi sumber daya manusia dan fasilitas fisik.

×
Penulis Utama : Aqila Afifah Octafriyana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1620011
Tahun : 2023
Judul : Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pusat Peraga Iptek Solo Science Center pada Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Bisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Lima Dimensi Pokok untuk Mengevaluasi Kualitas Pelayanan, Pusat Peraga Iptek.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yohanes Wien Tineka, S.E., M.Sc.
Penguji : 1. Ni Komang Septia Noriska, M.M.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.