Penulis Utama : Arif Fathah Avicenna
NIM / NIP : K7119042
×

Arif Fathah Avicenna. K7119042. PENINGKATAN KREATIVITAS PRODUK MENGGUNAKAN MODEL PROJECTS BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 4 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Juli 2023.

Tujuan penelitian ini  yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam peningkatan kreativitas produk pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Tamanwinangun Kebumen tahun ajaran 2022/2023; (2) meningkatkan kreativitas produk melalui model Project Based Learning (PjBL)  pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Tamanwinangun tahun ajaran 2022/2023; (3) mendeskripsikan dampak pengiring penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)  dalam peningkatan kreativitas produk siswa kelas V SD Negeri 4 Tamanwinangun Kebumen tahun ajaran 2022/2023.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga  siklus.  Subjek  penelitian  ialah  guru  dan  siswa  kelas  V  SDN  4 Tamanwinangun.  Data  yang digunakan  berupa  data  kualitatif  dan  kuantitatif.  Teknik pengumpulan  data  menggunakan observasi,  wawancara, dan  tes.  Validitas  data  menggunakan  triangulasi  sumber dan  teknik.  Analisis  data  dilaksanakan  melalui  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kreativitas produk menggunakan model Projects Based Learning (Pjbl) pada pembelajaran IPA siswa kelas 5 SD Negeri 4 Tamanwinangun tahun ajaran 2022/2023 adalah sebagai berikut: (a) penentuan sebuah proyek, (b) perencanaan proyek, (c) penyusunan jadwal kegiatan proyek, (d) monitoring pelaksanaan proyek, (e) presentasi hasil proyek, (f) evaluasi hasil proyek. Hasil persentase ketuntasan pelaksanaan model PjBL meningkat dari siklus I hingga siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL telah meningkat dari siklus I hingga siklus III (2) penerapan model Projects Based Learning (Pjbl) dapat meningkatkan kreativitas produk. Aspek kreativitas produk yang meningkat pada indikator fleksibilitas, originalitas, elaborasi, dan fluensi, dibuktikan dari hasil penilaian produk pada siklus I = 77,56%, siklus II = 80,11%, siklus III = 85,51%. Peningkatan yang terjadi menunjukkan siswa mampu membuat peta konsep siklus air, jam siklus air, dan alat peraga penyaringan air dengan bentuk dan tampilan menarik, dan keterangan produk sudah lengkap sesuai dengan materi yang diajarkan, siswa memiliki kreativitas yang  tinggi dalam membuat produk yang baru dan unik, siswa memiliki ketekunan dan ketelitian yang tinggi dalam membuat produk yang ditinjau dari keterincian siswa membuat produk yang baik, siswa mampu menjelaskan suatu produk yang dibuat ketika presentasi berlangsung; (3) dampak pengiring penerapan model pembelajaran PjBL pada siswa yang diukur melalui lembar observasi dan wawancara mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III. Peningkatan terjadi pada aspek respon siswa, percaya diri, serta kerja sama. Diketahui pada siklus I siswa merasa nyaman, antusias, pada siklus II kepercayaan diri siswa telah meningkat dalam mengungkapkan pendapat di hadapan teman yang lain, siklus III siswa terlibat aktif dalam komunikasi kelompok sehingga kekompakan siswa dapat terjalin dengan baik dalam berkelompok.

            Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatan kreativitas produk pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Tamanwinangun Kebumen tahun ajaran 2022/2023.

Kata kunci: Project Based Learning, Kreativitas Produk, IPA.

×
Penulis Utama : Arif Fathah Avicenna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119042
Tahun : 2023
Judul : “Peningkatan Kreativitas Produk Menggunakan Model Projects Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2022/2023.”
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Project Based Learning, Kreativitas Produk, IPA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono,M.Pd.
2. Dr. Kartika Chrysti Suryandari,M.Si.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. M.Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.