Penulis Utama : Nur Rohmah Dani
NIM / NIP : K1515052
×

ABSTRAK

Nur Rohmah Dani. K1515052. IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MAHASISWA SEMESTER 1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN DI SALAH SATU PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengkaji penerapan langkah-langkah yang tepat dalam upaya menghadapi revolusi industri 4.0 melalui pembelajaran lesson study; (2) mengkaji upaya menghadapi revolusi industri 4.0 pada mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan Pendidikan Teknik Bangunan di salah satu perguruan tinggi di Indonesia melalui penerapan lesson study.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method atau metode kombinasi. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Tahapan penelitian dengan menggunakan lesson study ini berupa tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester I yang menempuh mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dan statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan lesson study dilakukan dengan 3 tahap yang dilaksanakan secara berurutan, meliputi tahap perencanaan (plan) yaitu tahap penyusunan rancangan pembelajaran oleh pendidik bersama anggota komunitas belajar yang menghasilkan rancangan pembelajaran (lesson design) sebagai tolak ukur untuk melaksanakan pembelajaran; tahap pelaksanaan (do) yaitu tahap pendidik melaksanakan pembelajaran di kelas berdasarkan rancangan pembelajaran (lesson design) yang telah disusun bersama anggota komunitas belajar; dan tahap refleksi (see) yaitu tahap pendidik bersama anggota komunitas belajar mengevaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan pendidik untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pembelajaran yang telah dilaksanakan. (2) Penerapan pembelajaran lesson study pada mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan Pendidikan Teknik Bangunan di salah satu perguruan tinggi di Indonesia dapat menjadi upaya dalam menghadapi revolsi industri 4.0, dengan presentase 86,15% pada pembelajaran inovatif; 86,58% pada keterampilan literasi; dan 83,86% pada keterampilan cyber university.

×
Penulis Utama : Nur Rohmah Dani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515052
Tahun : 2023
Judul : Implementasi Lesson Study Pada Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Sebagai Upaya Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa Semester 1 Pendidikan Teknik Bangunan Di Salah Satu Perguruan Tinggi Di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Lesson Study, mix methode, Revolusi Industri 4.0
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Roemintoyo, S. T., M. Pd.
2. Sri Sumarni, S. T., M. T.
Penguji : 1. Dr. Sukatiman, S. T., M. Si.
2. Drs. Waluyo, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.