Penulis Utama : Siti Fernanda Azimatul Hikmah
NIM / NIP : K4219070
×

Siti Fernanda Azimatul Hikmah. K4219070, ANALISIS NILAI RELIGIUS DAN KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL ARUNDAYA ING MESJID TRESNAKU DAKPASRAHAKE KARYA DANANG FEBRIANSYAH SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai religius di dalam novel AMTD karya Danang Febriansyah, (2) konflik sosial di dalam novel AMTD karya Danang Febriansyah, (3) relevansi novel terhadap pembelajaran sebagai materi ajar di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yag digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa kata, kalimat, paragraf, lan peristiwa yang ada dalam novel AMTD karya Danang Febriansyah. Sumber data penelitian ini berupa dokumen, yaitu novel AMTD karya Danang Febriansyah. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu kajian dokumen (analisis isi) dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis model interaktif dari Miles dan Huberman. Novel AMTD karya Danang Febriansyah adalah data yang bersifat tetap dan tidak berubah. Oleh karena itu, teknik analisis interaktif dipilih untuk menganalisis data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai religius yang ada di dalam novel AMTD karya Danang Febriansyah dianalisis menggunakan teori Atmosuwito yang menyebutkan kriteria religius dalam karya sastra khususnya novel terbagi menjadi 6 kelompok yaitu penyerahan diri, tunduk dan taat, kehidupan yang penuh kemuliaan, perasaan batin yang ada hubungannya dengan tuhan, perasaan berdosa, perasaan takut, mengakui kebesaran tuhan. (2) Konflik sosial yang ada di dalam novel AMTD karya Danang Febriansyah yaitu gambaran problematika sosial yang ada di dalam masyarakat jaman sekarang. Berdasarkan hasil penelitian, konflik sosial yang ada di dalam novel tersebut disebabkan oleh empat faktor yaitu perbedaan individu, perbedaan kebudayan, perbedaan kepentingan, perubahan nilai-nilai. (3) Hasil analisis novel AMTD karya Danang Febriansyah relevan sebagai bahan ajar pembelajaran sastra. Karena memuat unsur intrinsik yang lengkap. Serta berdasar hasil analisis novel AMTD karya Danang Febriansyah memuat nilai religius dan konflik sosial yang relevan sebagai bahan ajar novel Jawa di SMA, bahasa yang digunakan di dalam novel juga mudah dipahami oleh siswa. Di dalam novel ini juga memuat pesan moral yang bisa dijadikan contoh untuk para siswa.

×
Penulis Utama : Siti Fernanda Azimatul Hikmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4219070
Tahun : 2023
Judul : Analisis Nilai Religius lan Konflik Sosial Sajroning Novel Arundaya Ing Mesjid Tresnaku Dakpasrahake Anggitane Danang Febriansyah sarta Relevansine Tumrap Pasinaon Basa Jawa ing SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Novel AMTD, Nilai religius, konflik sosial, relevansi, bahan ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Astiana Ajeng R., S.Pd., M.Pd.
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Budi Waluyo, S.S., M.Pd
2. Rahmat, S.S., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.