Penulis Utama : Yulia Dwi Listianingsih
NIM / NIP : K1316067
×

ABSTRAK

Yulia Dwi Listianingsih. K1316067. Pembimbing I: Henny Ekana Chrisnawati, S.Si., M.Pd. Pembimbing II: Yemi Kuswardi, S.Si., M.Pd. ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASAR TEORI POLYA PADA MATERI BANGUN RUANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2023.

            Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Polya siswa SMP Negeri 3 Purwokerto kelas VII dengan kemampuan awal tinggi pada materi bangun ruang; (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Polya siswa SMP Negeri 3 Purwokerto kelas VII dengan kemampuan awal sedang pada materi bangun ruang; dan (3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Polya siswa SMP Negeri 3 Purwokerto kelas VII dengan kemampuan awal rendah pada materi bangun ruang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan subjek dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan tes wawancara berbasis tugas. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika berdasar teori Polya pada materi bangun ruang ditinjau dari kemampuan awal tinggi sampai dengan langkah keempat yang berarti siswa mampu melaksanakan langkah memahami masalah, langkah perencanaan, langkah melakukan rencana, dan langkah memeriksa kembali jawaban; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika berdasar teori Polya pada materi bangun ruang ditinjau dari kemampuan awal sedang sampai dengan langkah keempat yang berarti siswa mampu melaksanakan langkah memahami masalah, langkah perencanaan, langkah melakukan rencana, dan langkah memeriksa kembali jawaban; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematika berdasar teori Polya pada materi bangun ruang ditinjau dari kemampuan awal rendah sampai dengan langkah pertama berarti siswa mampu melaksanakan langkah memahami masalah.

×
Penulis Utama : Yulia Dwi Listianingsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316067
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASAR TEORI POLYA PADA MATERI BANGUN RUANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Bangun Ruang, Kemampuan Awal, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Teori Polya
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si., M.Pd.
2. Yemi Kuswardi, S.Si., M.Pd.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd., M.Pd.
2. Riki Andriatna, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.