Penulis Utama : Guntur Martiono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis usaha tambak ikan bandeng (chanos chaos forsk) di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0398038-2005
Subyek : IKAN-TAMBAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang. Melihat kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan maka kondisi negara Indonesia yang memiliki banyak pantai merupakan keuntungan tersendiri yang patut disyukuri. Salah satunya adalah banyaknya muara sungai yang dapat dimanfaatkan untuk perikanan air payau. Ikan bandeng merupakan salah satu ikan yang pertumbuhannya cocok di air payau. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji besarnya biaya, penerimaan, pendapatan dan efisiensi serta tingkat resiko dari kegiatan budidaya ikan bandeng di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.

Penelitian ini dilakukan dengan metode dasar deskriptif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja, yaitu Kabupaten Pekalongan. Sampel kecamatan diambil Kecamatan Wonokerto dan sampel desa diambil Desa Api-api dan Desa Pecakaran karena memiliki jumlah petani tambak terbesar. Penentuan responden ditentukan dengan cara acak dan diambil 30 responden dengan pengundian. Jenis data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, pencatatan dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan besarnya biaya rata-rata usaha budidaya ikan bandeng adalah Rp 1.876.500,00 per masa tebar. Penerimaan rata-rata tiap petani sebesar sebesar Rp 3.408.287,00 per masa tebar dan pendapatan yang didapat oleh petani rata-rata adalah Rp 1.532.036,67. Efisiensi proses produksi budidaya ikan bandeng di daerah penelitian adalah 1,82, artinya proses produksinya sudah efisien. Nilai CV petambak adalah 0,24 lebih besar dari standar nilai koefisien varian (0,5). Nilai batas bawah keuntungan sebesar Rp 809.652,52 setiap masa tanam artinya kemungkinan merugi sebesar Rp 809.652,52. Melihat kondisi yang ada termasuk besarnya tingkat resiko fisik, biologi dan harga para petani tambak perlu mencari lokasi terutama dalam hal penanganan proses panen agar keuntungan relatif stabil.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Ropingi, MSi
2. Ir. Agustono, MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian