Penulis Utama : Miftakhul Falaah Imtikhani Nurfadilah
NIM / NIP : K8118048
×

         Anak usia dini merupakan anak yang sedang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Seluruh upaya dilakukan untuk menstimulasi segala aspek dalam pertumbuhan dan perkembangan anak termasuk aspek nilai agama dan moral. Karena di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat, bukan hanya kemampuan kognitif saja, namun perilaku atau sopan santun anak khususnya sopan santun berbicara perlu mendapat perhatian lebih. Peneltian ini bertujuan untuk menguji pengaruh film serial Nussa dan Rarra episode “Tolong dan Terima Kasih” terhadap sopan santun berbicara anak usia 4-5 tahun di BA Aisyiyah Kliwonan.

         Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experiment dengan tipe non equivalent control group design dimana penelitian terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang akan mendapatkan dua kali pengukuran yaitu pre-test  dan post-test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Peneliti menggunakan kelompok A yang terdiri dari kelompok A1 sebagai kelompok eksperimen (N=28) dan kelompok A2 sebagai kelompok kontrol (N=27).

            Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 23 for windows. Uji normalitas pada penelitian ini menggunakan Shapiro Wilk dan uji homogenitas dilakukan menggunakan Levene’s test equality of variences. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata post-test pada kelompok eksperimen yang mendapatkan treatment penayangan film serial Nussa dan Rarra episode “Tolong dan Terima Kasih” meningkat lebih signifikan sebesar 25,36 daripada kelompok kontrol sebesar 20,56.

            Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi ? ? 0,05 yaitu 0,000 yang berarti terdapat perbedaan atau pengaruh dari tayangan film serial Nussa dan Rarra episode “Tolong dan Terima Kasih”. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh film serial Nussa dan Rarra episode “Tolong dan Terima Kasih” terhadap sopan santun berbicara anak usia 4-5 tahun di BA Aisyiyah Kliwonan. Hal tersebut dilihat saat anak mampu mengucapkan tolong, terima kasih dan maaf dengan kesadarannya sendiri. 

×
Penulis Utama : Miftakhul Falaah Imtikhani Nurfadilah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8118048
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Film Serial Nussa dan Rarra Episode “Tolong dan Terima Kasih” Terhadap Sopan Santun Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Sopan santun berbicara, Nussa dan Rarra, tolong dan terima kasih
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Upik Elok Endang Rasmani, M. Pd.
2. Dr. Drs. Bambang Winarji, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M. Pd.
2. Jumiatmoko, S. Pd., M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.