Penulis Utama : Azzahra Putri Roslan
NIM / NIP : I0519025
×

Asam oksalat dihidrat merupakan senyawa yang penting di dunia industri. Asam oksalat dihidrat banyak digunakan pada proses wood bleaching. Selain itu, asam oksalat dihidrat juga digunakan pada pabrik pulp dan kertas untuk menghasilkan pulp yang lebih putih dan kertas yang lebih kuat. Pabrik ini dirancang akan didirikan di Cikampek, Karawang pada tahun 2025 dengan kapasitas 30.000 ton/tahun dan beroperasi secara kontinyu selama 330 hari/tahun. Satu kilogram asam oksalat dihidrat yang dihasilkan membutuhkan molasses sebanyak 1,33 kg, asam nitrat sebanyak 1,65 kg, dan air sebanyak 1,62 kg, serta menghasilkan gas NO sebanyak 0,53 kg, limbah cair sebanyak 2,75 kg, dan limbah padat sebanyak 0,32 kg.

Pembentukan asam oksalat dihidrat merupakan reaksi oksidasi karbohidrat fase cair antara glukosa dan asam nitrat dengan katalis vanadium pentaoksida. Reaksi berlangsung dalam reaktor alir tangki berpengaduk (RATB) pada suhu 68oC dengan tekanan 1,013 bar. Pemisahan produk dilakukan dengan menara distilasi, lalu dikristalkan dengan crystallizer. Pemurnian produk dilakukan dengan centrifuge lalu dikeringkan dengan rotary dryer untuk mengurangi kadar cairan dalam produk hingga kemurnian 99%.

Pabrik ini menggunakan air yang diperoleh dari Sungai Citarum dengan kebutuhan total air termasuk untuk make-up air pendingin, umpan boiler, dan sanitasi sebanyak 5,52 L/kg produk, superheated steam pada suhu 200oC dan tekanan 3,5 bar sebanyak 0,55 kg/kg produk, bahan bakar high speed diesel sebanyak 0,05 L/kg produk, udara tekan sebesar 0,08 m3 udara/kg produk, pengadaan brine water sebanyak 1,94 kg/kg produk, dan kebutuhan listrik sebesar 0,09 kWh/kg produk. Pengujian kualitas bahan baku dan produk dilakukan dalam laboratorium untuk memastikan mutu sesuai spesifikasi yang diharapkan.

Pabrik asam oksalat dihidrat memiliki bentuk usaha Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT Oxalic Acid International. Struktur organisasi yang diterapkan adalah garis dan staf. PT Oxalic Acid International memiliki karyawan sebanyak 141 yang terdiri dari karyawan shift dan non­-shift.

PT Oxalic Acid International membutuhkan modal total sebesar Rp1.325.692.967.539 dengan pembangunan selama 2 tahun dan 10 tahun untuk perhitungan keekenomian umur pabrik. Biaya produksi pabrik profitabilitas non-discounted menunjukkan nilai Cummulative Cash Ratio
(CCR) sebesar 4,15, Rate of Return on Investment (ROROI) sebesar 52,29% dan Cummulative Cash Position (CCP) sebesar Rp4.348.818.034.559. Berdasarkan analisis profitabilitas discounted diperoleh nilai Present Value Ratio (PVR) sebesar 2,61, Discounted Cash Flow Rate of Return (DCFROR) sebesar 31,57%, dan Net Present Value (NPV) sebesar Rp1.989.465.481.957,40. Hasil evaluasi risiko yaitu Break Event Point sebesar 42,46% dan Shut Down Point sebesar 21,67%. Dari hasil analisis ekonomi, dapat disimpulkan bahwa pabrik ini layak untuk didirikan

×
Penulis Utama : Azzahra Putri Roslan
Penulis Tambahan : 1. Fasha El Sauzsa
NIM / NIP : I0519025
Tahun : 2023
Judul : Prarancangan Pabrik Asam Oksalat Dihidrat dari Molasses dan Asam Nitrat Kapasitas 30.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2023
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Asam Oksalat Dihidrat ; Molasses ; Asam Nitrat ; RATB
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Endang Kwartiningsih, S.T., M.T.
2. Dr. Joko Waluyo, S.T., M.T.
Penguji : 1. Tika Paramitha, S.T., M.T.
2. Wusana Agung Wibowo, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.