Penulis Utama : Dinar Aven Niaputri
NIM / NIP : S852002008
×

Pada pembelajaran matematika, kecerdasan yang paling dominan dibutuhkan adalah kecerdasan logis matematis, karena dengan kecerdasan logis matematis dapat diketahui bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikaan permasalahan matematika dan memahami matematika dengan pemikiran yang logis dan matematis. Oleh karena itu, kecerdasan logis matematis  di sekolah perlu ditingkatkan. Pengembangan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbentuk cerita animasi berbantuan Lectora Inspire dan Plotagon untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis siswa SMP dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran interaktif berbentuk cerita animasi berbantuan Lectora Inspire dan Plotagon untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis siswa SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, dan angket. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbek. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sampel penelitian yang terpilih adalah kelas VII-G sebanyak 30 siswa sebagai kelas eskperimen, dan kelas VII-H sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media dalam penelitian ini melalui beberapa tahapan, yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Media pembelajaran interaktif berbantuan Lectora Inspire dan Plotagon memenuhi aspek kevalidan berdasarkan hasil skor validasi oleh ahli media sebesar 3,837 dengan kategori “sangat valid” dan hasil skor validasi oleh materi sebesar 3,770 dengan kategori “sangat valid”. Aspek kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon siswa dan angket respon guru sebesar 3,26 dengan kategori “sangat praktis”. Aspek keefektifan dilihat berdasarkan hasil dari uji hipotesis dengan uji t diperoleh simpulan bahwa pembelajaran interaktif berbentuk cerita animasi berbantuan Lectora Inspire dan Plotagon efektif untuk untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis siswa SMP.

×
Penulis Utama : Dinar Aven Niaputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S852002008
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Cerita Animasi Berbantuan Lectora Inspire Dan Plotagon Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Siswa SMP Negeri 1 Brebek Di Kabupaten Nganjuk
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Pendidikan Matematika - S852002008 - 2023
Kata Kunci : media interaktif, kecerdasan logis matematis, Lectora Inspire dan Plotagon
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.2991/assehr.k.211122.012
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd
2. Dr. Dra. Diari Indriati, M.Si
Penguji : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si
2. Dr. Laila Fitriana, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.