Penulis Utama : Wildan Arya Kusuma
NIM / NIP : O0119116
×

WILDAN ARYA KUSUMA, O0119116. ANALISIS KETERAMPILAN BERMAIN TIM NASIONAL INDONESIA PUTRA  BOLA VOLI DUDUK PADA ASEAN PARA GAMES SOLO TAHUN 2022 Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan dan kegagalan keterampilan teknik bermain voli yang dilakukan oleh pemain Tim Nasional Indonesia Putra Bola voli duduk pada APG Solo 2022.

Metode penelitian yang akan digunakan adalah jenis kualitatif Teknik observasi, Peneliti mengamati pemain Tim Nasional Indonesia Bola voli duduk yang berhadapan dengan tim lawan melalui rekaman pertandingan Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemain Tim Nasional Indonesia Bola voli duduk Tahun 2022. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah observasi sistematis melalui rekaman video pertandingan Bola voli duduk Asean Paragames Tahun 2022 Peneliti menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dalam penelitian ini. Peneliti menghitung jumlah teknik Servis, passing, smash, dan block Pemain Tim Nasional Bola voli duduk Indonesia pada Asean Paragames Tahun 2022.

Hasil penelitian bahwa tim Indonesia melakukan serve sebanyak 68 kali dengan keberhasilan serve dan menghasilkan poin sebanyak 5 kali, keberhasilan serve tanpa menghasilkan poin sebanyak 39 kali, dan kegagalan serve 24 kali dengan efektivitas 64,7%. Tim Indonesia melakukan passing sebanyak 269 kali dengan keberhasilan passing dan menghasilkan poin sebanyak 3 kali, keberhasilan passing tanpa menghasilkan poin sebanyak 237 kali, dan kegagalan passing 29 kali dengan efektivitas 89,2%. Tim Indonesia melakukan smash sebanyak 104 kali dengan keberhasilan smash dan menghasilkan poin sebanyak 32 kali, keberhasilan smash tanpa menghasilkan poin sebanyak 41 kali, dan kegagalan smash 31 kali dengan efektivitas 75,9%. Tim Indonesia melakukan block sebanyak 72 kali dengan keberhasilan block dan menghasilkan poin sebanyak 19 kali, keberhasilan block tanpa menghasilkan poin sebanyak 21 kali, dan kegagalan block 32 kali dengan efektivitas 55,5%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Efektivitas Keterampilan Bola voli duduk Tim Nasional Indonesia Putra pada Asean Para Games Solo Tahun 2022 pertandingan pertama adalah serve 64,7%, passing 89,2%, smash 75,9%, dan 55,5%. Dan intuk Efektivitas Keterampilan Bola voli duduk Tim Nasional Indonesia Putra pada Asean Para Games Solo Tahun 2022 pertandingan kedua adalah serve 87%, passing 91,9%, smash 87,8% dan block 79,3%. Serta Efektivitas Keterampilan Bola voli duduk Tim Nasional Indonesia Putra pada Asean Para Games Solo Tahun 2022 pertandingan ketiga adalah serve 85,7%, passing 90,5%, 84,7%, dan block 57,9%. Dan Efektivitas Keterampilan Bola voli duduk Tim Nasional Indonesia Putra pada Asean Para Games Solo Tahun 2022 pertandingan keempat adalah serve 92,2%, 90,3%, smash 81,4%, dan block 63,3%.

×
Penulis Utama : Wildan Arya Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0119116
Tahun : 2023
Judul : Analisis Keterampilan Bermain Tim Nasional Indonesia Putra Bola Voli Duduk pada ASEAN PARA GAMES Solo Tahun 2022
Edisi :
Imprint : surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Asean Para Games, Voli Duduk, Analisis
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deddy Whinata Kardiyanto, S.Or., M.Pd.
2. Abdul Aziz Purnomo Shidiq, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Sunardi, M.Kes
2. Dr. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.