Penulis Utama : Rini Amalia Rachmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Realisasi bentuk gramatikal pronomina persona dalam Bahasa Indonesia : sebuah kajian struktural
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0200047-2005
Subyek : BAHASA INDONESIA-KOMPOSISI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan realisasi bentuk gramatikal pronomina persona dalam bahasa Indonesia. Kedua, memaparkan perbedaan penggunaan bentuk pronomina persona dalam bahasa Indonesia dari segi semantik leksikalnya. Perbedaan atau persamaan ini akan diukur dengan tingkat kesopanan yang terkandung dalam suatu pronomina persona tersebut. Ketiga, menjelaskan kedudukan pronomina persona bahasa Indonesia dalam tataran peran sintaksis.

Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan struktural. Data penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode simak dan dua teknik, yakni teknik catat dan teknik kerjasama dengan informan. Hal ini berarti, data diperoleh dari sumber data tulis dan lisan. Sumber data tulis yang penulis gunakan adalah dua kumpulan cerpen, yakni kumpulan cerpen “The Most Wanted” dan “Dunia Lain Di Mataku”; satu majalah, yaitu majalah “Tempo”; dan satu koran harian “Republika”, serta satu tabloid yaitu “Trend”. Sumber data lisan diperoleh dari film seri “Azuka” dan “Tsubasa”, serta informan yang memiliki kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia.

Data diklasifikasi berdasarkan jenis pronomina persona dalam bahasa Indonesia di setiap tipe pronomina persona. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode agih dan teknik yang digunakan adalah teknik BUL (Bagi Unsur Langsung) dan teknik baca markah. Hasil analisis disimpulkan secara induktif.

Hasil analisis penelitian ini menyatakan bahwa pronomina persona dalam bahasa Indonesia secara gramatikal memiliki bentuk berupa morfem bebas, klitika, kata reduplikasi, dan berupa bentuk frase. Kadar sopan santun atau tingkat ketakziman dari tiap-tiap bentuk ataupun jenis pronomina persona dalam bahasa Indonesia tidaklah sama. Jenis pronomina persona dari tipa-tiap tipe, yang paling sopan adalah saya, anda, dan beliau. Bentuk pronomina persona berupa reduplikasi adalah yang paling rendah tingkat ketakzimannya. Hampir seluruh pronomina persona dalam bahasa Indonesia dapat menduduki peran Agen (A), Experiencer (E), Objek (O), Source (S), Goal (G), Benefaktif (B), Agen sekaligus Objek (A*O), Agen sekaligus Source (A*S) dan Agen sekaligus Goal (A*G), kecuali pronomina persona aku, kamu engkau, kau, dia, dan ia tidak bisa menduduki peran A, A*O, A*S, dan A*G. Untuk peran-peran sintaksis seperti Instrumental (I), Location (L), dan Time (T) tidak bisa diduduki setiap pronomina persona. Hal ini disebabkan karena pronomina termasuk dalam kategori nomina.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Kaswan Darmadi, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa