Penulis Utama : Sindy Dwi Pertiwi
NIM / NIP : S852002021
×

              Metakognisi merupakan suatu bentuk kemampuan untuk melihat kesadaran diri mengenai pengetahuan yang dimiliki tentang strategi belajar, berpikir, dan sebagai pengendalian diri dalam proses kognitif yang bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan peserta didik sehingga dapat fokus untuk mendapatkan pengetahuan yang kurang dimiliki. Pemikiran ini penting dimiliki oleh siswa agar dapat mengikuti pembelajaran matematika secara efektif. Ada 3 tahap dalam metakognisi yaitu mengembangkan perencanaan (planning), memonitor pelaksanaan (monitoring), dan mengevaluasi tindakan (evaluation). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan metakognisi peserta didik dalam memecahkan masalah lingkaran berdasarkan kemampuan penalaran matematis.

               Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 9 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Buay Madang yang dikategorikan dengan kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang dan rendah berdasarkan tes kemampuan penalaran matematis. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tes dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu dan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

                Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis tinggi dalam memecahkan masalah mampu melibatkan seluruh aktivitas metakognisi pada tahap pengembangan perencanaan (Planning), memonitor pelaksanaan (Monitoring) dan mengevaluasi tindakan (Evaluation) pada setiap langkah pemecahan masalah sehingga mampu menyelesaikan masalah dengan baik. Peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis sedang dalam memecahkan masalah lingkaran mampu melibatkan seluruh aktivitas metakognisi pada tahap pengembangan perencanaan (Planning), akan tetapi pada tahap memonitor pelaksanaan (Monitoring) dan mengevaluasi tindakan (Evaluation) tidak maksimal sehingga jawaban yang diperoleh kurang tepat. Peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis rendah dalam memecahkan masalah lingkaran hanya mampu melibatkan aktivitas metakognisi pada tahap pengembangan perencanaan (Planning) yaitu mampu mengidentifikasi informasi pada masalah yang diberikan akan tetapi tidak dapat memanfaatkan informasi yang diperoleh sebagai dasar untuk memecahkan masalah dan pada tahap memonitor pelaksanaan (Monitoring) dan mengevaluasi tindakan (Evaluation) tidak terpenuhi sehingga tidak dapat memperoleh jawaban dengan benar.

×
Penulis Utama : Sindy Dwi Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S852002021
Tahun : 2023
Judul : Analisis Aktivitas Metakognisi Dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Buay Madang Kabupaten OKU Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Metakognisi, Pemecahan Masalah, Kemampuan Penalaran Matematis
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.Si, M.Si
2. Dr. Dewi Retno Sari S, S.Si., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.