Penulis Utama : Sahid Imam Mahmuddin
NIM / NIP : K3117065
×

Sahid Imam Mahmuddin. K3117065. MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL YOUTUBE KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar motivasi belajar siswa pada pengguna media sosial youtube kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Sumber data penelitan ini adalah Siswa Teknik Pemesinan kelas XI SMK N 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2022/ 2023 yang berjumlah 95 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 77 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala psikologis. Teknik uji validitas yang digunakan adalah korelasi product moment. Analisa data dengan menggunakan teknik pengujian analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada pengguna media sosial youtube kelas XI teknik pemesinan di SMK Negeri 3 Yogyakarta memiliki motivasi belajar tinggi dengan persentase 41,56% siswa, dan sangat tinggi 16,88% siswa, sedangkan 36,36% siswa rendah, dan 5,19% sangat rendah. Hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa pada pengguna media sosial youtube kelas XI teknik pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta tinggi. Implikasi penelitian ini ada dua pertama imlikasi teoritis yaitu a. Guru dapat menggunakan media video pembelajaran youtube untuk memberikan penjelasan materi secara mendalam kepada siswa agar tidak bosan dengan pelajarannya. b. Dorongan internal maupun eksternal memberikan berkontribusi terhadap motivasi belajar siswa. Kebutuhan belajar, keinginan untuk sukses, dan cita-cita untuk masa depan adalah contoh dari dorongan internal. Sedangkan dorongan eksternal meliputi apresiasi belajar, terlibat dalam kegiatan pendidikan yang menarik, dan lingkungan belajar yang kondusif. Implikasi praktis yaitu Hasil penelitian ini bisa dipakai bagi para guru dan calon guru bahwa metode pembelajaran yang dilakukan akan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. penggunaan youtube dalam pembelajaran akan mempengaruhi minat dan semangat belajar siswa. Antusiasme belajar siswa akan meningkat seiring dengan adanya video pembelajaran yang menarik, sehingga akan meningkatkan motivasi belajar. hal tersebut bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.

×
Penulis Utama : Sahid Imam Mahmuddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117065
Tahun : 2023
Judul : Motivasi Belajar Siswa pada Pengguna Sosial Media Sosial Youtube Kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta
Edisi :
Imprint : surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Penggunaan Youtube
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd
2. Agus Tri Susilo, S.Pd, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd
2. Agus Tri Susilo, S.Pd, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.