Penulis Utama : Angellica Rahbaniyah Putri Supanto
NIM / NIP : B0119006
×

Angellica Rahbaniyah Putri Supanto. B0119006. 2023. Konjungsi dalam Kalimat Bahasa Jawa Pada Novel Ngrangsang Lintange Luku Karya Narko “Sodrun” Budiman. Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah jenis konjungsi dalam kalimat bahasa Jawa pada novel Ngrangsang Lintange Luku karya Narko “Sodrun” Budiman?, dan (2) bagaimanakah makna konjungsi dalam kalimat bahasa Jawa pada novel Ngrangsang Lintange Luku karya Narko “Sodrun” Budiman?

Tujuan penelitian ini mencakup dua hal, yakni: (1) mendeskripsikan jenis konjungsi dalam kalimat bahasa Jawa pada novel Ngrangsang Lintange Luku karya Narko “Sodrun” Budiman, dan (2) mendeskripsikan makna konjungsi dalam kalimat bahasa Jawa pada novel Ngrangsang Lintange Luku karya Narko “Sodrun” Budiman.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat. Pengumpulan data diawali dengan menyimak novel Ngrangsang Lintange Luku secara berulang-ulang dengan cermat, selanjutnya data tersebut dicatat pada kartu data, disaring, kemudian diklasifikasikan (dikelompokkan). Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih. Kemudian dilanjutkan dengan teknik bagi unsur langsung (BUL) dan teknik lanjutan dengan teknik ganti dan teknik balik.

Data penelitian ini berupa kalimat-kalimat bahasa Jawa yang berkonjungsi. Sumber data yang digunakan adalah novel Ngrangsang Lintange Luku karya Narko “Sodrun” Budiman, yang diterbitkan oleh Buana Grafika tahun 2020, berjumlah 146 halaman

Simpulan penelitian ini adalah: (1) jenis konjungsi dalam kalimat bahasa Jawa pada novel Ngrangsang Lintange Luku karya Narko “Sodrun” Budiman, yaitu: konjungsi koordinatif aditif, konjungsi koordinatif konstratif (pertentangan), konjungsi koordinatif alternatif (pemilihan), konjungsi subordinatif waktu/urutan (sekuensial), konjungsi subordinatif syarat, konjungsi subordinatif pengandaian, konjungsi subordinatif tujuan, konjungsi subordinatif konsesif, konjungsi subordinatif perbandingan, kojungsi subordinatif sebab, konjungsi subordinatif alat/cara, konjungsi subordinatif atributif, dan konjungsi korelatif (menyatakan makna rangkaian pertentangan), (2) makna konjungsi dalam kalimat bahasa Jawa pada novel Ngrangsang Lintange Luku karya Narko “Sodrun” Budiman, yaitu: makna alat, cara, penjumlahan, atributif, tujuan, kesimpulan, syarat, sebab, pengandaian, waktu, perbandingan, pertentangan, pemilihan, dan konsesif.

×
Penulis Utama : Angellica Rahbaniyah Putri Supanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119006
Tahun : 2023
Judul : Konjungsi dalam Kalimat Bahasa Jawa pada Novel Ngrangsang Lintange Luku Karya Narko “SODRUN” Budiman (Kajian Sintaksis)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : konjungsi, kalimat, novel, sintaksis
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.