Penulis Utama : Mujawaroh Annafi
NIM / NIP : S262108024
×

Mujawaroh Annafi, S262108024. DATA DRIVEN JOURNALISM PADA MEDIA RIAU POS (Studi Kasus Jurnalis Harian Riau Pos). Tesis. Pembimbing I: Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D. dan Pembimbing II: Drs. Ign. Agung Satyawan, SE., S.I.Kom., M.Si., Ph.D. Program Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini didasari adanya penerapan data driven journalism (DDJ) di Riau Pos, Dalam penerapannya ditemukan adanya berita yang menggunakan penerapan DDJ dan terdapat kendala yaitu DDJ diwajibkan di Riau Pos, sehingga tidak semua jurnalis menerapkan DDJ dan adanya standar khusus dari Riau Pos sebelum akhirnya sebuah berita bisa diterbitkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman DDJ di Riau Pos, mengetahui proses difusi inovasi DDJ yang dilakukan oleh Jurnalis Riau Pos, dan mengetahui tantangan dalam penerapan  DDJ di Riau Pos. Dalam penelitian ini, peneliti mengguanakan konsep DDJ dari Jonathan Gray dkk, teori difusi inovasi dari Everett Rogers, dan etika jurnalisme dari The Ethical Journalism Network

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus oleh Robert K. Yin. Informan dalam penelitian ini terdiri sembilan orang yang terdiri dari pimpinan redaksi dan 8 Jurnalis Riau Pos. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan studi dokumen, serta validitas data menggunakan triangulasi sumber data.

Hasil penelitian ini menunjukkan, cara-cara yang dilakukan oleh Jurnalis Riau Pos dalam mendapatkan data dari penerapan DDJ adalah dengan menjelajahi situs resmi pemerintah, menjadikan web sebaai sumber data, dan menelusuri media sosial. Untuk memahami data, Jurnalis Riau Pos lebih senang menggunakan cara-cara manual yaitu menggunakan coretan-coretan di kertas untuk mengelompokkan data. Dalam menyampaikan data, yaitu melalui narasi atau deskripsi serta video.  Proses adopsi difusi inovasi DDJ melalui beberapa tahapan. Pada tahap pengetahuan, didapatkan dari pelatihan internal ketika jurnalis baru bergabung di Riau Pos, pelatihan eksternal yang diadakan oleh lembaga/instansi lain, dan diskusi dengan rekan sejawat dari media lain. Pada tahap persuasi,dipengaruhi oleh posko di mana jurnalis ditempatkan. Dalam tahap keputusan, sistem sosial memberikan pengaruh. Keputusan inovasi Jurnalis Riau  yaitu optional innovation decisions karena Jurnalis Riau Pos tidak diwajibkan oleh perusahaan  untuk mengadopsi DDJ. Tantangan dalam penerapan DDJ yaitu ketidakakuratan data dan ketidakberimbangan berita. Untuk mengatasinya dengan mengonfirmasi keterkinian data dengan pengecekan silang  pada data terbaru dari big data, memastikan kejalasan sumber data dari situs atau media sosial resmi, menelusuri beragam sumber, memilih sumber data beragam yang mewakili berbagai kelompok secara adil, serta melakukan pencarian data yang cermat dan menyeluruh.

×
Penulis Utama : Mujawaroh Annafi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S262108024
Tahun : 2023
Judul : Data Driven Journalism pada Media Riau Pos (Studi Kasus Jurnalis Harian Riau Pos)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2023
Program Studi : S-2 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Data Driven Journalism, Difusi Inovasi, Etika Jurnalisme
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.
2. Drs. Ign. Agung Satyawan SE., S.I.Kom, M.Si., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.