Penulis Utama : Sekar Ayuni Diah Pertiwi
NIM / NIP : B0219060
×

ABSTRAK

Sekar Ayuni Diah Pertiwi. B0219060. 2023. Novel “5 cm. Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang” (2020) Karya Donny Dhirgantoro (Kajian Struktural Robert Stanton). Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini mengkaji tentang unsur struktural dan makna dalam novel 5 cm. Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang (2020) karya Donny Dhirgantoro beserta hubungan antarunsur dan kelogisan cerita dalam novel. Penelitian struktural yang mengkaji karya sastra hingga dikembalikan pada hubungan antarunsur dan makna terbilang sedikit dibandingkan dengan kajian struktural yang mendeskripsikan tema, fakta cerita, dan sarana sastra. Hal itulah yang mendasari penelitian ini.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Tema, fakta cerita, dan sarana sastra yang ada dalam novel 5 cm. Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang (2020) karya Donny Dhirgantoro, 2) Hubungan antarunsur fakta cerita, tema, dan sarana sastra yang membentuk struktur karya sastra dalam novel 5 cm. Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang (2020) karya Donny Dhirgantoro dalam menunjukkan makna cerita, 3) Kelogisan cerita dalam novel 5 cm. Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang (2020) karya Donny Dhirgantoro, serta 4) Makna dan penilaian cerita dalam novel 5 cm. Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang (2020) karya Donny Dhirgantoro berdasarkan kajian strukturalisme Robert Stanton dan kelogisan cerita.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data membaca dan mencatat. Data penelitian yang digunakan berupa isi novel mengenai karakter, latar, dan alur serta frasa dan klausa yang menunjukkan adanya fakta cerita, tema, dan sarana sastra yang bersumber dari novel 5 cm. Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang (2020) karya Donny Dhirgantoro.

Unsur struktural dalam suatu cerita akan utuh dan sempurna ketika tiap-tiap unsurnya dihubungkan satu sama lain untuk menperoleh makna sesungguhnya dalam cerita. Simpulan dari penelitian ini adalah ditemukan banyak keterkaitan antarunsur novel yang menunjukkan kelogisan cerita dan membentuk makna cerita secara keseluruhan berdasarkan teori struktural Robert Stanton.

×
Penulis Utama : Sekar Ayuni Diah Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0219060
Tahun : 2023
Judul : Novel “5 CM. AKU, KAMU, SAMUDERA, DAN BINTANG-BINTANG” (2020) Karya Donny Dhirgantoro (Kajian Struktural Robert Stanton)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : hubungan antarunsur cerita, kelogisan dan makna cerita, strukturalisme novel
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rianna Wati, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.