Penulis Utama : Hinarti
NIM / NIP : K1218031
×

Hinarti. K1218031. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS VIII D SMP IT INSAN KAMIL KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca puisi dengan menerapkan model talking stick pada siswa kelas VIII D SMP IT Insan Kamil Karanganyar. (2) Meningkatkan keterampilan membaca puisi dengan menerapkan model talking stick pada siswa kelas VIII D SMP IT Insan Kamil Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumbar data yang diperoleh berasal dari tiga sumber, yaitu informan, tindakan, dan dokumen. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mencatat dokumen, wawancara, observasi, dan tes. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparatif – interaktif dengan membentuk nilai persiklus hingga mencapai indikator. Dalam penelitian ini mengambil 2 kali tindakan siklus. Siklus 1 pembelajaran belum berhasil, indikatornya adalah (1) pembelajaran masih berpusat pada guru, (2) pasifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran, (3) pembelajaran kurang efektif karena waktu pembelajaran tidak digunakan dengan baik. Kendala ini menjadi acuan tindakan peningkatan dalam siklus berikutnya. Siklus 2 terjadi peningkatan keterampilan membaca puisi siswa dengan jumlah siswa yang mendapat nilai membaca puisi di atas KKM meningkat hingga 88%, dan mengalami peningkatan kualitas proses pembelajaran dengan 5 kategori, yaitu: keaktifan selama apersepsi, memperhatikan penjelasan guru, keberanian mengungkapkan pendapat, keaktifan dalam berdiskusi, dan ketuntasan hasil praktik membaca puisi. Bagian akhir dari penelitian ini adalah saran. Pembelajaran dengan metode talking stick efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas VIII D SMP IT Insan Kamil Karanganyar, sehingga disarankan guru untuk menggunakan metode ini untuk meningkatkan pembelajaran membaca puisi siswa. Untuk sekolah disarankan memfasilitasi guru untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam berbagai macam bentuk misal pelatihan guru.

Kata kunci: puisi, membaca puisi, metode talking stick

×
Penulis Utama : Hinarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218031
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi pada Siswa Kelas VIII D SMP IT Insan Kamil Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: puisi, membaca puisi, metode talking stick
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum.
2. Dr. Sri Hastuti, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Dr. Chafit Ulya, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.