Penulis Utama : Gifta Silvia Agustine
NIM / NIP : K1219041
×

Gifta Silvia Agustine. K1219041. Pembimbing I: Dr. Edy Suryanto, M.Pd. Pembimbing II: Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd. ANALISIS KESALAHAN PEMAKAIAN BAHASA PADA TEKS EKSPLANASI: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 GEYER GROBOGAN. Skripsi, Surakarta, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli      2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kesalahan ejaan dalam teks eksplanasi siswa SMP Negeri 4 Geyer Kabupaten Grobogan, (2) bentuk kesalahan pilihan kata dalam teks eksplanasi siswa SMP Negeri 4 Geyer Kabupaten Grobogan, (3) bentuk kesalahan pada penyusunan kalimat dalam teks eksplanasi siswa SMP Negeri 4 Geyer Kabupaten Grobogan, (4) faktor penyebab kesalahan dalam teks eksplanasi siswa SMP Negeri 4 Geyer Kabupaten Grobogan, (5) alternatif solusi untuk mengatasi kesalahan dalam teks eksplanasi siswa SMP Negeri 4 Geyer Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang berfokus pada suatu fenomena, yaitu kesalahan pemakaian bahasa dalam karangan siswa. Teknik penggunaan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berupa siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh berupa hasil analisis dokumen, hasil observasi guru serta siswa, dan hasil wawancara guru. Uji validitas data berupa triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles dan Huberman.  Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, ditemukan kesalahan ejaan dengan persentase 76,92% yang terdiri dari kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, dan penggunaan tanda baca. Kedua, terdapat kesalahan diksi dengan persentase 17,69% yang terdiri dari kesalahan pemilihan kata, yaitu kata konotasi, kata yang hampir bersinonim, kata yang mirip ejaannya, dan perubahan makna pada kata yang sudah dikenal. Ketiga, terdapat kesalahan kalimat dengan persentase 5,38% terdiri dari kesalahan penyusunan kalimat, yaitu kalimat tidak lengkap dan kalimat tidak hemat. Keempat, faktor penyebab kesalahan penggunaan bahasa berasal dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal peserta didik. Faktor internal berasal dari diri peserta didik, yakni kurangnya tingkat penguasaan kosa kata, kurangnya pemahaman siswa mengenai PUEBI, dan kurangnya minat siswa untuk berlatih menulis. Faktor eksternal sendiri disebabkan oleh strategi pembelajaran yang kurang tepat dan lingkungan yang kurang mendukung. Alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan ini ialah dengan menjalankan dua program, yaitu literasi pagi dan mading bergilir.

Kata kunci: diksi, ejaan, kalimat, kesalahan penggunaan bahasa, teks eksplanasi.

×
Penulis Utama : Gifta Silvia Agustine
Penulis Tambahan : 1. Dr. Edy Suryanto, M.Pd
2. Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd
3.
NIM / NIP : K1219041
Tahun : 2023
Judul : Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa pada Teks Eksplanasi: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Geyer Grobogan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : diksi, ejaan, kalimat, kesalahan penggunaan bahasa, teks eksplanasi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Suryanto, M.Pd
2. Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.