Penulis Utama : Bayu Pranoto
NIM / NIP : S252108001
×

Bayu Pranoto. PENGEMBANGAN DESA WISATA BERJO SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SDGs DESA MANDIRI DAN BERKELANJUTAN. Tesis, Magister Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2023.

Pariwisata selama beberapa dekade terakhir telah menjadi sektor industri dengan pertumbuhan tercepat. Pada tahun 2019 kunjungan wisatawan di seluruh dunia mencapai 1,5 miliar wisatawan. Wisata pedesaan sebagai salah satu alternatif wisata diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat desa tersebut. Desa Berjo sebagai salah satu desa wisata di Kabupaten Karanganyar memiliki perkembangan yang cukup signifikan yang setiap tahun dapat dikunjungi ratusan ribu wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengembangan Desa Wisata Berjo menuju ke arah mewujudkan SDGs desa mandiri dan aspek keberlanjutannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan kerangka teori strukturasi Anthony Giddens, triple bottom line John Elkington dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa agen strukturasi masih berada pada tahap signifikansi dan dominasi karena Desa Berjo masih berstatus sebagai desa berkembang dengan nilai IDM 0,6986. Besarnya pendapatan wisata yang seharusnya dapat memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat, ternyata juga menjadi peluang terjadinya tindakan korupsi yang dilakukan oleh pemangku kepentingan desa dan pengelola wisata. Aspek keberlanjutan wisata Desa Berjo telah mendorong masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan dan pengelolaan wisata sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi pengangguran. Program penghijauan, pemeliharaan lingkungan wisata dan manajemen pengelolaan sampah telah dilakukan untuk menjaga kualitas lingkungan.

Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Desa Berjo memiliki Kekuatan (Strengths) diantaranya, yaitu potensi alam yang besar, pelayanan umum yang baik, partisipasi dan dukungan masyarakat yang besar, dan akses yang mudah dijangkau. Aspek Kelemahan (Weakness) seperti terjadinya kasus korupsi, beberapa akses jalan utama rusak, pengelolaan dana pendapatan wisata kurang akuntabel, dan fasilitas umum belum tersedia dengan lengkap. Aspek Kesempatan (Opportunities) memungkinkan adanya pembuatan atraksi wisata baru, pelatihan dan seminar bagi staff BUMDes atau penggantian staff BUMDes yang lebih kompeten dan bertanggung jawab. Sedangkan pada aspek Ancaman (Threats) terdapat rencana pembubaran staff BUMDes dan munculnya beberapa objek wisata baru yang menarik di luar Desa Berjo.

×
Penulis Utama : Bayu Pranoto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S252108001
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Desa Wisata Berjo Sebagai Upaya Mewujudkan SDGs Desa Mandiri dan Berkelanjutan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2023
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: SDGs, Desa Wisata, Desa Mandiri, Pembangunan Berkelanjutan, Desa Berjo
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Trisni Utami, M.Si
2. Dr. Yuyun Sunesti, G.D.Soc,. M.A.
Penguji : 1. Dr. Argyo Demartoto, M.si
2. Dr. Drs. Bagus Haryono, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.