Penulis Utama : Titan Samudra
NIM / NIP : D0219098
×

Saat ini tren video game online menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan dari segi jumlah pemain maupun popularitas game. Para gamer akhirnya mengembangkan komunitas virtual berbasis video game melalui berbagai platform untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu, salah satunya adalah Discord. Salah satu komunitas berbasis video game yang menggunakan Discord sebagai media komunikasi adalah Valorant Indonesia Community yang merupakan server Valorant pada Discord terbesar di Indonesia. Penelitian mengenai pemanfaatan Discord sebagai media komunikasi oleh komunitas virtual ini mencoba menjelaskan mengenai pembentukan makna, peran dalam komunitas, dan interaksi yang terjadi di komunitas virtual berbasis video game, khususnya di Valorant Indonesia Community.

Penelitian ini dilakukan di server Valorant Indonesia Community melalui platform Discord menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi-terstruktur dengan para anggota server, observasi di beberapa channel, dan studi dokumentasi yang didapatkan dari server Valorant Indonesia Community maupun artikel yang dipublikasi di situs web Discord. Data yang diperoleh kemudian diuji melalui teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk dianalis menggunakan model Miles Huberman menggunakan teori Coordinated Management of Meaning, Membership Categorization Analysis, dan Analisis Proses Interaksi.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terjadi pembentukan kesatuan makna secara kolektif melalui peraturan komunitas yang dibentuk oleh semua anggota server di Valorant Indonesia Community; (2) para anggota server Valorant Indonesia Community dapat memanfaatkan fitur profil akun dan profil server untuk membentuk identitas virtual dan peran mereka di dalam komunitas Discord; dan (3) interaksi yang terjadi di dalam server Valorant Indonesia Community cukup beragam untuk mencapai tujuan masing-masing anggota secara terbuka satu sama lain.

×
Penulis Utama : Titan Samudra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0219098
Tahun : 2023
Judul : Pemanfaatan Platform Discord sebagai Media Komunikasi Komunitas Virtual: Studi Kasus pada Server Valorant Indonesia Community
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2023
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pemanfaatan platform, Discord, komunitas virtual, peran, interaksi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://www.jurnalkommas.com/index.php?target=isi&jurnal=PEMANFAATAN+PLATFORM+DISCORD+SEBAGAI+MEDIA++KOMUNIKASI+KOMUNITAS+VIRTUAL
Status : Public
Pembimbing : 1. Aulia Suminar Ayu, S.I.Kom., M.I.Kom.
Penguji : 1. Tanti Hermawati, S.Sos., M.Si.
2. Novita Haryono, S.Sos., M.I.Kom.
3. Aulia Suminar Ayu, S.I.Kom., M.I.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.