Penulis Utama : Anindita Lilia Lucky Prawita Wardani
NIM / NIP : K1518013
×

Rumah Sakit merupakan pemanfaatan tataguna lahan yang mempunyai daya tarik cukup besar bagi masyarakat. Rumah Sakit sebagai zona aktivitas merupakan zona penarik pergerakan. Setiap kali terjadi perkembangan tata guna lahan maka harus diikuti dengan melakukan perkiraan, estimasi, dan prediksi jumlah arus perjalanan antara lokasi asal-tujuan (Miro, 2012). Tingkat pergerakan tinggi biasanya terjadi pada kawasan pusat kegiatan, karena kawasan pusat kegiatan tata guna lahannya cukup beragam. Sehingga diperkirakan menimbulkan bangkitan dan tarikan pergerakan dengan intensitas yang tinggi.  Salah satu rumah sakit yang terletak di wilayah Solo Raya adalah Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret yang berada pada jalur utama antar provinsi sehingga sering terjadi penambahan volume kendaraan di daerah tersebut.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik pengunjung, tarikan pergerakan pengunjung, pola pergerakan, dan mendeskripsikan pengaruh tarikan pergerakan yang disebabkan oleh Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret. Adapun data primer dalam penelitian ini adalah hasil kuisioner dan trip rate kendaraan. Sedangkan data sekunder yang diperlukan yaitu luas bangunan rumah sakit, luas lahan parker, dan data pegawai rumah sakit. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan pengambilan sample karakteristik pengunjung dengan metode random sampling, wawancara langsung untuk mendapatkan data sekunder dan kemudian menghitung jumlah pergerakan kendaraan yang keluar masuk area Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret untuk memperoleh trip rate kendaraan.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakteristik pengunjung rumah sakit dipengaruhi oleh kecenderungan masyarakat yang menginginkan pelayanan kesehatan yang baik dengan mempertimbangkan aksesibilitas serta biaya pelayanan yang sesuai dengan pendapatan. Tarikan terbesar terjadi pada awal jam operasional yaitu pada pukul 07.00-08.00 kemudian bangkitan terbesar terjadi pada saat berakhirnya jam operasional Rumah Sakit. Pola sebaran pergerakan Rumah Sakit UNS menghasilkan jalan yang paling terpengaruh oleh tarikan dari Rumah Sakit UNS adalah Jalan A. Yani dengan total kontribusi sebesar 42% per hari, dengan kontribusi terbesar pada pukul  07.00 – 08.00 WIB  sebesar 7%.

×
Penulis Utama : Anindita Lilia Lucky Prawita Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1518013
Tahun : 2023
Judul : Analisis Tarikan Pergerakan pada Area Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Rumah Sakit, pengunjung, tarikan, bangkitan.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono, S.T., M.T.
2. Aryanti Nurhidayati, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.