Penulis Utama : Lilian Nenti Anggraeni
NIM / NIP : K5416030
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perubahan penggunaan lahan di Kabupaten Purbalingga pada periode tahun 2009—2022 (2) prediksi perubahan penggunaan lahan dengan menggunakan model spasial ANN-CA di Kabupaten Purbalingga.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh penggunaan lahan yang terdapat di Kabupaten Purbalingga. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Pengumpulan data melalui observasi lapangan serta kajian dokumen. Perubahan penggunaan lahan di Kabuaten Purbalingga diperoleh dari analisis citra landsat pada tahun 2009, 2018, 2022 yang dilakukan dengan pendekatan spasial. faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan adalah faktor fisik dan sosial. Prediksi perubahan penggunaan lahan tahun 2031 diperoleh dari pemodelan Artificial Neural Network dan Cellular Automata didasarkan pada RTRW Kabupaten Purbalingga.

Hasil penelitian sebagai berikut : (1) penggunaan lahan paling dominan di Kabupaten Purbalingga adalah kebun dengan luas mencapai 24.670,85 Ha dan persentase 30,53?ri luas seluruh penggunaan lahan di Kabupaten Purbalingga.  Perubahan penggunaan lahan paling dominan di Kabupaten Purbalingga adalah lahan kebun menjadi lahan permukiman seluas 3.044,97 Ha pada kurun waktu tahun 2009-2018 serta 2.070,82 Ha pada kurun waktu tahun 2018-2022. (2) pemodelan prediksi perubahan penggunaan lahan menggunakan pendekatan ANN-CA) memilki nilai kappa overall sebesar 0,71 dengan persentase of correctness 77,59% kappa histo 0,91 serta kappa loc 0.78 yang memiliki arti bahwa pemodelan termasuk dalam kategori baik dan hasil prediksi perubahan penggunaan lahan di Kabupaten Purbalingga tahun 2031 menunjukkan bahwa sebagian besar penggunaan lahan mengalami penurunan luas, penggunaan lahan yang mengalami peningkatan luas adalah lahan permukiman yang meningkat sebanyak 4,49?ri tahun 2022 dengan luas hasil prediksi di tahun 2031 sebesar 20.434,70 Ha. Hasil prediksi memerlukan pengawasan dan perencanaan lebih agar pengalokasian penggunaan lahan dapat diterapkan dengan baik.

×
Penulis Utama : Lilian Nenti Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5416030
Tahun : 2023
Judul : Analisis Spasial Perubahan Penggunaan Lahan Dengan Metode Artificial Neural Network dan Cellular Automata (ANN-CA) Di Kabupaten Purbalingga Tahun 2009—2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kabupaten Purbalingga, Penggunaan Lahan, Pemodelan Spasial, Artificial Neural Network, Cellular Automata.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rita Noviani, S.Si., M.Sc.
2. Seno Budhi Ajar, S.Pd., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Pipit Wijayanti, S.Si., M.Sc
2. Rahning Utomowati, S.Si., M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.