Penulis Utama : Alfina Lukma Nilawati
NIM / NIP : B0219007
×

Alfina Lukma Nilawati. B0219007. Pelesapan Peran Pelaku pada Kalimat Berita dalam Media Tribunnews.com Edisi Mei 2023. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat berita yang bersumber dari narasi berita yang termuat dalam tribunnews.com edisi Mei 2023 khususnya pada kolom berita. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan fenomena berupa kalimat berita yang menggunakan verba diawal kalimat dalam narasi berita. Hal ini menunjukkan adanya pelesapan peran pelaku dalam data tersebut. Selain itu, beberapa narasi berita yang termuat dalam tribunnews.com khususnya edisi Mei 2023 menggunakan pelesapan yang menimbulkan keraguan atas keakuratan informasi yang disampaikan. Oleh karena itu, penelitian berjudul “Pelesapan Peran Pelaku pada Kalimat Berita dalam Media Tribunnews.com Edisi Mei 2023” dibuat untuk menganalisis lebih dalam mengenai pelesapan peran pelaku pada narasi berita khususnya yang termuat dalam tribunnews.com sehingga keakuratan informasi yang disampaikan dapat diketahui secara jelas. Pada penelitian ini, penyajian data dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik catat. Kemudian, data diolah dengan cara disegmentasi berdasarkan klausa dan disegmentasi lagi berdasarkan fungsi, kategori, dan peran.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data ditemukan sebanyak 171 dengan 107 data berupa pelesapan tipe elipsis dan 64 data berupa pelesapan tipe delesi. Pelesapan tipe delesi memiliki konstituen pengendali yang tidak bisa ditentukan secara mudah, perlu adanya pemahaman konteks dan situasi kalimatnya. Pelesapan tipe delesi hanya ditemukan pada kalimat majemuk maupun tunggal yang verbanya pasif. Konstituen yang mengikuti verba ditetapkan dan ditanya memiliki konstituen pengendali yang pasti, sedangkan konstituen yang mengikuti verba lain seperti diduga, dinyatakan, diperkirakan, dievakuasi, dibawa, dan ditemukan memiliki konstituen pengendali yang tidak pasti. Fungsi sintaksis konstituen peran pelaku yang dilesapkan dalam kalimat menempati fungsi subjek dan bukan subjek. Konstituen yang dilesapkan dalam pelesapan tipe elipsis dapat menempati fungsi sintaksis subjek dan bukan subjek. Akan tetapi, konstituen yang dilesapkan pada pelesapan tipe delesi hanya dapat menempati fungsi sintaksis bukan subjek yaitu keterangan.

×
Penulis Utama : Alfina Lukma Nilawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0219007
Tahun : 2023
Judul : Pelesapan Peran Pelaku pada Kalimat Berita dalam Media Tribunnews.com Edisi Mei 2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pelesapan tipe elipsis; pelesapan tipe delesi; peran pelaku; fungsi sintaksis
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. F.X. Sawardi, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Henry Yustanto, M.A.
2. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.
3. Dr. F.X. Sawardi, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.