Penulis Utama : Rayendra Rahardhika Saputra
NIM / NIP : O0219095
×

ABSTRAK

Rayendra Rahardhika Saputra. O0219095 Pengaruh Latihan Diamond Passing dan Kombinasi Passing Terhadap Akurasi Passing Pemain Sekolah Sepakbola (SSB) P4S Zettle Mayer Kelompok Umur 12 Tahun. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2023.

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengaruh latihan diamond passing terhadap akurasi passing, 2) mengetahui pengaruh latihan kombinasi passing terhadap akurasi passing, 3) mengetahui latihan manakah dari kedua latihan tersebut yang memberi pengaruh lebih signifikan terhadap akurasi passing.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan two group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 26 pemain dengan teknik total sampling yang dibagi menjadi 2 kelompok setelah mendapatkan nilai pretest yaitu kelompok latihan diamond passing dan kelompok latihan kombinasi passing dengan teknik pengelompokan dengan Ordinal Pairing. Pengambilan data pretest dan posttest menggunakan tes passing AFC Skill Test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji levene, dan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dan uji independent sample t test. Kemudian uji perbedaan peningkatan latihan menggunakan uji N Gain.

Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh dari kedua latihan yang diberikan terhadap akurasi passing para pemain SSB P4S Zettle Mayer kelompok umur 12 tahun dan hasil latihan kombinasi passing lebih baik dibandingkan dengan latihan diamond passing dengan hasil analisis uji hipotesis 1) kelompok diamond passing diperoleh nilai  sig. (2-tailed) 0,00 < 0>passing. Hasil analisis uji hipotesis 2) diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0>passing terhadap akurasi passing. 3) Hasil persentase peningkatan akurasi passing pada kelompok latihan diamond passing memperoleh sebesar 45,90 %, dan persentase peningkatan akurasi passing kelompok latihan kombinasi passing memperoleh sebesar 69,87 %.

Berdasarkan Hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan, yaitu ada pengaruh dari latihan diamond passing terhadap akurasi passing dan ada pengaruh dari latihan kombinasi passing terhadap akurasi passing. Kemudian hasil dari pengaruh yang diberikan kedua latihan tersebut menunjukan bahwa latihan kombinasi passing memberikan pengaruh lebih baik dalam meningkatkan akurasi passing dengan presentase sebesar 69,87% peningkatan.

×
Penulis Utama : Rayendra Rahardhika Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0219095
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Latihan Diamond Passing dan Kombinasi Passing terhadap Akurasi Passing Pemain ekolah Sepakbola (SSB) P4S Zettle Mayer Kelompok Umur 12 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : diamond passing, kombinasi passing, akurasi passing, sepakbola
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.
2. Dr. Islahuzzaman Nuryadin, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.