Penulis Utama : Christabela Paskarena
NIM / NIP : K7719017
×

Christabela Paskarena, K7719017. Pembimbing I: Prof. Dr. Sigit Santosa, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Binti Muchsini, S. Pd., M. Pd., M. Si. PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN AKUNTANSI MENGGUNAKAN MEDIA WALL CHART BERBASIS SOSIOKULTURAL BAGI SISWA KELAS XI DI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris mengenai peningkatan keterampilan pemecahan masalah melalui penggunaan media wall chart berbasis sosiokultural bagi siswa kelas XI di SMK Kristen 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Penelitian ini menetapkan indikator capaian keberhasilan keterampilan pemecahan masalah sebesar 80% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai 76. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pelaksanaan pra tindakan menunjukkan persentase keterampilan pemecahan masalah pembelajaran akuntansi sebesar 50% siswa mencapai nilai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah pembelajaran akuntansi masih rendah dan perlu ditingkatkan. Pelaksanaan siklus I menunjukkan persentase keterampilan pemecahan masalah pembelajaran akuntansi sebesar 78% siswa mencapai nilai KKM. Hal ini menunjukkan peningkatan setelah penerapan media wall chart berbasis sosiokultural namun belum memenuhi indikator capaian keberhasilan. Pelaksanaan siklus II menunjukkan persentase keterampilan pemecahan masalah pembelajaran akuntansi sebesar 89% siswa mencapai nilai KKM. Hal ini menunjukkan peningkatan kembali setelah penerapan media wall chart berbasis sosiokultural dan sudah memenuhi indikator capaian keberhasilan. Simpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan pemecahan masalah pembelajaran akuntansi siswa kelas XI di SMK Kristen 1 Surakarta dapat ditingkatkan melalui penggunaan media wall chart berbasis sosiokultural, yang dibuktikan dengan hasil tes keterampilan pemecahan masalah akuntansi dan didukung oleh hasil observasi dan dokumentasi selama penelitian.
Kata kunci : media, akuntansi, keterampilan pemecahan masalah

×
Penulis Utama : Christabela Paskarena
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7719017
Tahun : 2023
Judul : Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Pembelajaran Akuntansi menggunakan Media Wall Chart berbasis Sosiokultural Bagi Siswa Kelas XI di SMK Kristen 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : media, akuntansi, keterampilan pemecahan masalah
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santosa, M. Pd.
2. Dr. Binti Muchsini, S. Pd., M. Pd., M. Si.
Penguji : 1. Dr. Sudiyanto, M. Pd.
2. Lies Nurhaini, S. Pd., M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.