Penulis Utama : Nida Damayanti
NIM / NIP : K3319047
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi karakteristik modul eletronik pada materi larutan penyangga berbasis problem based learning, (2) membuktikan kelayakan modul elektronik pada materi larutan penyangga berbasis problem based learning.pengembangan modul eletronik pada materi larutan penyangga berbasis problem based learning, (3) menganalisis keefektifan modul elektronik pada materi larutan penyangga berbasis problem based learning terhadap prestasi belajar, dan (4) menganalisis keefektifan modul elektronik pada materi larutan penyangga berbasis problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Sumber data penelitian ini meliputi validator media, validator materi, praktisi Pendidikan, dan peserta didik. instrumen pengambilan data sampel dilakukan dengan cara wawancara, angket analisis kebutuhan, angket validasi, dan soal. Analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif untuk data kualitatif serta penilaian penskoran Azwar dan N-Gain untuk data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu karakteristik modul elektronik berbasis Problem Based Learning pada materi larutan penyangga terdiri dari pendahuluan, petunjuk penggunaan, capaian pembelajaran, peta konsep, pembelajaran, rangkuman, latihan soal, glosarium, dan daftar pustaka.  Kelayakan dari modul elektronik telah memenuhi 5 karakteristik dari modul elektronik. Kelayakan dari modul elektronik yang telah divalidasi dari ahli materi dan ahli media ini memenuhi kategori sangat valid yang masing-masing memiliki rata-rata nilai 45,5 dan 29,5. Hasil uji coba kelompok kecil memiliki nilai rata-rata sebesar 49 dengan kategori sangat valid. Pada pembelajaran 1 dan 2, modul elektronik ini juga terbukti dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada indikator pemahaman masalah (71,212 dan 31,3%), rencana strategi pemecahan masalah (72,73 dan 52,7 %), proses pelaksanaan (53 dan 62,5%), serta pengecekan kembali jawaban (48,5 dan 62,5%). Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 59,697% (pembelajaran 1) dan 54,29% (pembelajaran 2).

×
Penulis Utama : Nida Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3319047
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Larutan Penyangga untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Negeri 2 Temanggung
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Modul elektronik, problem based learning, larutan penyangga, kurikulum merdeka, prestasi belajar, dan keterampilan pemecahan masalah.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lina Mahardiani, S.T., M.M., M.Sc., Ph.D.
2. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Nanik Dwi Nurhayati, S. Si, M. Si
2. Dr. paed. Nurma Yunita Indriyanti, M. Si, M. Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.