Penulis Utama : Dina Setyowati
NIM / NIP : K5119020
×

Dina Setyowati. K5119020. Dosen Pembimbing I: Prof. Munawir Yusuf, M.Psi. Dosen Pembimbing II: Priyono, S.Pd, M.Si. PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI KESEHATAN REPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERAWAT DIRI PADA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI BAGI REMAJA TUNAGRAHITA DI SLB C SETYADARMA SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2023.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi kesehatan reproduksi terhadap peningkatan kemampuan merawat diri ketika menstruasi bagi remaja disabilitas intelektual. Metode penelitian yang digunakan berupa Single Subject Reseacrh (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian merupakan remaja tunagrahita yang memiliki permasalahan belum mampu merawat diri ketika menstruasi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tindakan yang terdiri dari 20 aitem dan melibatkan tiga orang rater. Uji validitas dilakukan menggunakan validitas isi dengan penilaian expert jugdment. Hasil uji validitas Aiken’s instrumen memiliki rata-rata 0,92. Reabilitas instrumen diuji menggunakan uji inter-ratter dengan koefisien reabilitas sebesar 0,995. Data hasil penelitian dianalisis mengunakan analisis statistik deskriptif dengan menggunakan komponen analisis dalam kondisi dan analisis antarkondisi yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan merawat diri pada subjek melalui pembelajaran pengembangan diri yang menggunakan video animasi kesehatan reproduksi sebagai media pembelajaran dengan mean level rata-rata pada fase baseline 1 (A1) sebesar 31.25, intervensi (B) sebesar 66,42 dan baseline 2 (A2) sebesar 59,66. Dari ketiga fase memiliki hasil data yang stabil, dengan baseline 1 dan 2 100% stabil serta pada fase intervensi memiliki angka sebesar 85,71% stabil. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi kesehatan reproduksi dalam pembelajaran pengembangan diri dapat meningkatkan kemampuan merawat diri ketika menstruasi bagi remaja disabilitas intelektual. 

 

×
Penulis Utama : Dina Setyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5119020
Tahun : 2023
Judul : Penggunaan Video Animasi Kesehatan Reproduksi untuk Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri pada Pembelajaran Pengembangan Diri bagi Remaja Tunagrahita di SLB C SETYADARMA Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kemampuan merawat diri, menstruasi, remaja disabilitas intelektual, video animasi Kesehatan reproduksi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi
2. Priyono, S.Pd, M.Si
Penguji : 1. Dr. Herry Widyastono, M.PD
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.