Penulis Utama : Agnestasia Milenia Putri Kurniawan
NIM / NIP : I0519008
×

Agnestasia Milenia Putri Kurniawan, Nur Isnaeni, 2023, Prarancangan Pabrik Vinil Asetat dari Etilen, Asam Asetat dan Oksigen dengan Katalis Palladium Kapasitas 80.000 Ton/Tahun, Program Studi Sarjana Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Vinil Asetat merupakan bahan kimia yang digunakan untuk membuat polimer dan resin perekat yang digunakan antara lain dalam industri cat, adhesive, keramik, kertas, dan tekstil. Pabrik vinil asetat dirancang dengan kapasitas 80.000 ton/tahun. Satu kg produk vinil asetat 80% membutuhkan 0,298 kg etilen/kg produk, 0,554 kg asam asetat/kg produk, 0,253 kg oksigen/kg produk serta menghasilkan 0,115 kg limbah gas/kg produk. Pabrik ini direncanakan beroperasi pada tahun 2025 di Kawasan Industri Krakatau Steel, Cilegon, Banten.

Proses produksi vinil asetat melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan bahan baku, tahap sintesis produk, dan tahap pemurnian produk. Tahap persiapan bahan baku bertujuan untuk menyiapkan campuran bahan baku yang terdiri dari etilen, asam asetat dan oksigen segar dan arus recycle menara distilasi dan absorber sebelum diumpankan ke reaktor. Larutan asam asetat diumpankan ke vaporizer untuk diubah fasenya menjadi gas. Pada tahap pembentukan produk, terjadi reaksi antara etilen, asam asetat dan oksigen dengan tambahan katalis palladium (Pd), sehingga dihasilkan vinil asetat, air, dan produk samping gas karbon dioksida. Reaksi dijalankan dalam reaktor fixed bed multitube yang beroperasi pada tekanan 10 atm dan temperatur 163?. Konversi reaktor pembentukan vinil asetat yaitu 10%. Produk keluar reaktor didinginkan dengan cooler dan di turunkan tekanan dengan expander lalu diumpankan ke separator untuk memisahkan fase gas dan liquid. Fase gas dialirkan ke kondenser parsial untuk mengambil vinil asetat yang masih terikut. Hasil atas kondenser parsial masuk ke absorber untuk mengambil gas karbon dioksida sebelum diumpankan kembali ke reaktor. Hasil bawah separator dan kondenser parsial dialirkan ke menara distilasi untuk proses pemurnian produk. Vinil asetat dengan kemurnian 80 % didapatkan dari pemurnian pada menara distilasi.

Unit pendukung proses meliputi unit pengadaan air yang bersumber dari air waduk dengan kebutuhan sebesar 0,0556 m3/kg produk, unit pengadaan steam sebesar 2,15 kg/kg produk dengan suhu 163?, unit pengadaan udara tekan sebesar 0,03 m3/kg produk dengan tekanan 1 atm, unit pengadaan listrik sebesar 0,67 kW/kg produk, serta unit pengadaan bahan bakar berupa Industrial Diesel Oil (IDO) 0,19 L/kg produk dan High Speed Diesel (HSD) 0,01 L/kg produk. Pabrik juga didukung dengan laboratorium untuk mengontrol mutu bahan baku, produk, dan air sesuai dengan spesifikasi yang diingikan.

Bentuk perusahaan adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi line and staff. Jumlah kebutuhan tenaga kerja sebanyak 128 orang yang terdiri atas karyawan shift dan non-shift.

Berdasarkan perhitungan ekonomi diperoleh ROROI sebesar 58,78%, PBP selama 1,81 tahun, DPBP selama 1,14 tahun, DCFROR sebesar 28,54%, BEP sebesar 41,27%, dan SDP 21,15%. Berdasarkan analisis ekonomis, maka pabrik vinil asetat ini dinilai layak untuk didirikan.

 

×
Penulis Utama : Agnestasia Milenia Putri Kurniawan
Penulis Tambahan : 1. Nur Isnaeni
2.
NIM / NIP : I0519008
Tahun : 2023
Judul : Prarancangan Pabrik Vinil Asetat dari Etilen, Asam Asetat dan Oksigen Kapasitas 80.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2023
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Agnestasia Milenia Putri Kurniawan, Nur Isnaeni, 2023, Prarancangan Pabrik Vinil Asetat dari Etilen, Asam Asetat dan Oksigen dengan Katalis Palladium Kapasitas 80.000 Ton/Tahun, Program Studi Sarjana Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Arif Jumari, M. Sc.
2. Ir. Mujtahid Kaavessina, S.T., M.T., Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Ir. Endah Retno Dyartanti, M.T.
2. Tika Paramitha, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.