Penulis Utama : Vincentius Nyarendra
NIM / NIP : F0216104
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk menganalisis pengaruh konteks sosial terhadap kreativitas dan niat wirausaha pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan (2) Untuk menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap kreativitas dan niat wirausaha pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam jangka waktu tertentu. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini kuesioner online yang disebarkan dan diisi oleh Mahasiswa aktif Universitas Sebelas Maret dan data Mahasiswa aktif reguler yang diperoleh dari website eis.uns.ac.id. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview dan angket. Variabel penelitian dan pengukuran dalam penelitian ini adalah konteks sosial, kreatifitas, efikasi diri dan niat wirausaha. Sampel dan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret, Surakarta yang terdiri dari pria dan wanita dan sampel yang digunakan dalam penelitin ini sebanyak 200 responden. Hasil analisi data pada penelitian ini menggunakan smart PLS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri yang merupakan variabel mediasi dari kreativitas dan niat wirausaha, menunjukan hasil yang signifikan. Tetapi tidak dengan variabel konteks soial yang merupakan variabel moderasi dari kreativitas dan niat wirausaha, menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Secara keseluruhan, penelitian ini hampir sama seperti penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Bello et al (2017), namun terdapat perbadaan pada hasil yang didapatkan. Perbedaan tersebut dikarenakan oleh karakteristik sampel penelitian ini yang tidak hanya mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis saja, tetapi juga mahasiswa dari Fakultas lain juga dari program sarjana dan diploma. Selain itu, penelitian ini juga memiliki jumlah responden yang berbeda dengan penelitian sebelumnya.

×
Penulis Utama : Vincentius Nyarendra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0216104
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Kreativitas, Konteks Sosial, dan Efikasi Diri pada Niat Wirausaha (Studi pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2023
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Konteks Sosial; Kreativitas; Efikasi Diri; dan Niat Wirausaha
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suryandari Istiqomah SE, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.