Penulis Utama : Raditya Setiawan
NIM / NIP : K4517033
×

Raditya Setiawan. K4517033. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN LEVEL ARGUMENTASI ILMIAH TERTULIS SECARA  ELEKTRONIK–BERDASAR TOULMIN ARGUMENT PATTERN MENGGUNAKAN DUA FAKTA IPA YANG TAMPAK BERTENTANGAN.
Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2022.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan instrumen pengukuran yang dikembangkan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan research and development yang telah disesuaikan untuk jenjang sarjana. Model  research and development yang digunakan adalah model milik Borg dan Gall yang telah dimodifikasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta. Sebanyak dua puluh siswa digunakan untuk uji coba instrumen pada tahap preliminary field testing; empat puluh siswa untuk uji coba pada tahap main field testing. Pengambilan sampel dilakukan melalui cluster random sampling. Sumber data penelitian berasal dari siswa. Tes tertulis digunakan sebagai teknik 
pengumpulan data. Analisis data dibantu oleh aplikasi SPSS 22 dan ministep Rasch.

Hasil analisis kelayakan menunjukkan bahwa dari tiga puluh butir soal yang dikembangkan, hanya terdapat empat butir soal yang memiliki: 1) Aiken’s V sebesar .86; 2) nilai p ? .050; 3) Cronbach’s alpha sebesar .658; 4) item reliability sebesar .89; 5) item separation sebesar 2.79; 6) item measure yang terdiri dari .16, -.12, -.47, -.94; 7) item fit order yang tergolong fit; dan 8) differential item functioning > .050. Hal utama yang mendasari penyusutan jumlah butir soal yang dipertahankan pada penelitian pengembangan ini adalah jumlah sampel yang relatif kecil.

Simpulan penelitian ini adalah dari tiga puluh butir soal yang dikembangkan, hanya tersisa empat butir soal yang bersifat valid secara content dan construct, reliable, tidak bias dalam hal gender, dan dengan item fit order yang tergolong fit, serta distribusi item measure: satu butir soal sukar, dua butir soal mudah; dan satu butir soal sangat mudah. Dengan rincian soal yang meminta siswa untuk memproduksi argumentasi ilmiah tertulis secara elektronik-berdasar Toulmin argument pattern terdiri dari dua butir soal yang meminta siswa untuk memproduksi argumentasi ilmiah tertulis secara elektronik-berdasar Toulmin argument pattern level II, satu butir soal yang meminta siswa untuk memproduksi argumentasi ilmiah tertulis secara elektronik-berdasar Toulmin argument pattern level III, dan satu butir soal yang meminta siswa untuk memproduksi argumentasi ilmiah tertulis secara elektronik-berdasar Toulmin argument pattern level IV.

×
Penulis Utama : Raditya Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4517033
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Instrumen Pengukuran Level Argumentasi Ilmiah Tertulis Secara Elektronik-Berdasar Toulmin Argument Pattern Menggunakan Dua Fakta IPA yang Tampak Bertentangan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kelayakan instrumen, argumentasi ilmiah, Toulmin argument pattern, fakta IPA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd.
2. Dr. Riezky Maya Probosari, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Endang Susilowati, S.Si., M.Si.
2. Murni Ramli, S.P, M.Si., Ed.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.