Penulis Utama : Wahyu Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Prosedur ekspor pada industri kerajinan tembaga dan kuningan Trisna Gallery Tumang, Cepogo, Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3102103-2005
Subyek : PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah memperoleh gambaran dan uraian  yang lebih mendalam dan spesifik serta pemahaman yang luas mengenai prosedur ekspor, dokumen - dokumen ekspor, risiko kegiatan ekspor dan untuk mengetahui trend atau perkembangan komoditas  barang yang diekspor.

            Metode penelitian yang dipakai dalam kasus ini adalah studi  kasus yaitu mengambil objek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan menfokuskan pada prosedur ekspor yang dilakukan, resiko kegiatan ekspor yang dialami dan penanggulangannya dan juga perkembangan ekspor komoditi yang diekspor. Selain studi kasus metode lain yang digunakan adalah survey pada perusahaan Trisna Gallery. Data diperoleh secara langsung atau data primer, yaitu tehnik pengumpulan data dengan cara, wawancara merupakan tehnik pengumpulan data yang diperoleh secara langsung dengan cara mengajukan pertanyaan – pertanyaan kepada staff atau karyawan  dan juga pimpinan juga pihak – pihak yang berkaitan langsung dengan penulisan Tugas Akhir. Pengamatan merupakan tehnik pengumpulan data dimana penulis terjun langsung dalam kegiatan perusahaan. Serta data sekunder, merupakan data pendukung yang diperoleh dari sumber lain  yaitu dengan metode riset perpustakaan. Riset perpustakaan merupakan tehnik pengumpulan data dengan jalan membaca buku-buku atau majalah dan sumber data lainnya di dalam perpustakaan.

Berdasarkan penelitian  dapat diketahui bahwa perusahaan Trisna Gallery telah melaksanakan prosedur ekspor sesuai dengan prosedur yang ada. Tata cara ekspor telah diterapkan dengan benar dan tepat. Risiko  kegiatan ekspor  yang timbul akibat  prosedur ekspor dapat ditanggulangi dengan  baik. Sehingga tidak  menimbulkan satu perubahan yang berarti. Perkembangan ekspor pada Trisna Gallery juga sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dengan semakin meningkatnya volume penjualan ekspor.

Saran yang dapat diberikan, Trisna Gallery selama ini  menggunakan transfer payment sebagai cara pembayarannya. Namun sebaiknya menggunakan letter of credit (L/C) agar meminimalkan risiko yang akan terjadi. Selama ini prosedur ekspor Trisna Gallery ditangani freight forwarder ada baiknya di tangani sendiri untuk menghindari biaya yang besar. Untuk meningkatkan volume penjualan ada baiknya Trisna Gallery menambah jenis produk yang dihasilkan. Dan juga Trisna Gallery belum mempunyai counter dikota lain maka untuk memperlancar promosi sebaiknya counter tersebut direalisasikan.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Hari Murti, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis