Penulis Utama : Putri Nugrahaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis perbedaan perilaku etis auditor di KAP dalam etika profesi (studi terhadap peran faktor-faktor individual : locus of control, lama pengalaman kerja, gender, dan equity sensitivity)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0301056-2005
Subyek : MANAJEMEN PERSONALIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan perilaku etis diantara auditor berdasarkan faktor-faktor individualnya (locus of control, lama pengalaman kerja, gender, dan equity sensitivity) serta untuk mengetahui bagaimana persepsi auditor terhadap kode etik ikatan akuntan Indonesia.

Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di kantor akuntan publik (KAP) di Surakarta dan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode convenience sampling untuk pengambilan sampel. Data dikumpulkan melalui survei dengan menggunakan kuesioner. Dari kuesioner yang disebarkan 70 orang auditor bersedia untuk berpartisipasi dengan mengembalikan kuesionernya. Dari kuesioner yang kembali, sebanyak 67 kuesioner yang dianalisis.

Hasil pengujian validitas, reliabilitas, dan normalitas menunjukkan bahwa data yang digunakan dalam penelitian valid, reliabel dan normal. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan perilaku etis yang signifikan antara auditor internal locus of control dan auditor external locus of control. Terdapat perbedaan perilaku etis yang signifikan antara auditor  senior dan auditor yunior. Tidak terdapat perbedaan perilaku etis yang signifikan antara auditor pria dan auditor wanita. Terdapat perbedaan perilaku etis yang signifikan antara auditor benevolents dan auditor entitleds.

Hasil analisis tambahan dengan menggunakan uji proporsi menunjukkan bahwa seluruh responden (auditor) dalam penelitian ini memiliki persepsi positif terhadap kode etik ikatan akuntan Indonesia, sehingga seluruh responden memiliki perilaku yang etis. Kesimpulan keseluruhan menunjukkan bahwa setiap responden dalam penelitian ini secara umum mempunyai perilaku yang etis, meskipun kadarnya berbeda dari masing-masing individu berdasarkan perbedaan faktor-faktor individualnya. 

 

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SKRIPSI.doc
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hanung Triatmoko, Msi, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis