Penulis Utama : Suci Hatru Ramadhani
NIM / NIP : S102108006
×

Suci Hatru Ramadhani. 2023. Pengembangan Komik Digital Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif Pada Materi Sistem Koordinasi Manusia Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Pembimbing I: Dr. Puguh Karyanto, M.Si., Ph.D. Pembimbing II: Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran komik digital interaktif berbasis strategi metakognitif untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa; 2) mengetahui evektivitas komik digital interaktif dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa; 3) respons siswa terhadap penggunaan komik digital interaktif.  Adapun aktivitas strategi metakognitif merupakan strategi metakognitif menurut Schraw & Gutierrez yaitu mengacu pada strategi perencanaan (Planning), pemantauan (Monitoring), debugging dan evaluasi (Evaluation).

Penelitian pengembangan komik digital interaktif ini terdiri dari dua tahapan penelitian, yaitu Research and Development dan Kuasi-Eksperimental. Tahapan penelitian Research and Development menggunakan prosedur ADDIE oleh Branch yang terdiri 5 tahap yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Selanjutnya dilakukan tahapan penelitian kuasi eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas komik digital interaktif terhadap pemberdayaan keterampilan berpikir kritis. 

Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri Unggul Binaan, Kabupaten Bener Meriah yang terdiri dari 47 siswa. Pada kelas kontrol terdiri dari 21 siswa dan kelas eksperimen terdiri dari 26 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif pada observasi pembelajaran biologi, wawancara, analisis kebutuhan guru dan siswa, uji kelayakan, uji kepraktisan dan uji Ancova untuk menguji efektivitas komik terhadap pemberdayaan keterampilan berpikir kritis.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) komik digital interaktif berbasis strategi metakognitif memiliki kelayakan dengan kategori sangat layak untuk dapat digunakan sebagai media pembelajaran biologi; 2) terdapat perbedaan pengaruh signifikan terhadap peningkatan nilai keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan komik digital interaktif berbasis strategi metakognitif. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji ancova yaitu nilai siginifikansi sebesar 0,000 (<α = 0,05); 3) penggunaan komik digital interaktif berbasis strategi metakognitif menghasilkan respons positif bagi pengguna.

×
Penulis Utama : Suci Hatru Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S102108006
Tahun : 2023
Judul : PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: komik digital interaktif, sistem koordinasi manusia, strategi metakognitf, kuis interaktif
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si, Ph.D
2. Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Harlita S.Si, M.Si
2. Dr. Umi Fatmawati, S.Pd., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.