Penulis Utama : Tafsir Komaria
NIM / NIP : K7619074
×

Tafsir Komaria. K7619074. Pembimbing I: Dr. Aniek Hindrayani, S.E., M.Si. Pembimbing II: Dini Octoria, S.Pd., M.Pd. PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA YANG DIMEDIASI OLEH POLA PIKIR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2023. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh langsung pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, (2) pengaruh langsung pendidikan kewirausahaan terhadap pola pikir kewirausahaan, (3) pengaruh langsung pola pikir kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, dan (4) pengaruh mediasi pola pikir kewirausahaan antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 436 siswa dan sampel sebanyak 209 siswa kelas XII (dua belas) SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik probability sampling dan jenis teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online berbantuan google forms. Analisis data menggunakan SEM-PLS yang dihitung dengan bantuan aplikasi SmartPLS 4 dengan dua tahap yaitu outer model dan inner model. Tahap outer model terdiri dari uji convergent validity, discriminant validity, dan composite reliability. Sedangkan, inner model terdiri dari uji multikolinieritas, R-square, uji F^2, Q^2predictive relevance, uji bootstrapping, dan patch coefficient. Berdasarkan hasil uji, ditemukan bahwa (1) pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (2) pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pola pikir kewirausahaan, (3) pola pikir kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dan (4) pola pikir kewirausahaan mampu memediasi dan berpengaruh positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat menjadi tolak ukur atau motivasi siswa SMK untuk meningkatkan semangat untuk menjadi seorang pengusaha di masa depan. 
 

×
Penulis Utama : Tafsir Komaria
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7619074
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Yang Dimediasi Oleh Pola Pikir Kewirausahaan Pada Siswa SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pendidikan Kewirausahaan, Pola Pikir Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, Sekolah Kejuruan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Aniek Hindrayani, S.E, M.Si.
2. Dini Octoria, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Sudarno, S.Pd., M.Pd.
2. Budi Wahyono, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.